Danramil 01/Rumbai, Tarigan saat memberikan sambutan kepada warga pada nobar film G30S PKI di kawasan Bom Lama, Rumbai, Pekanbaru, Riau, Sabtu (23/9). Foto : ig

Warga Rumbai Nonton Film G30S PKI, Danramil : Jangan Sesekali Melupakan Sejarah

Minggu,24 September 2017 - 13:20:59 WIB Di Baca : 2963 Kali

Riauaktual.com - Warga di kawasan Bom Lama, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau, antusias mengikuti nonton bareng (nobar) film G30S PKI, Sabtu (23/9).

Kegiatan tersebut diputar oleh Koramil 01/Rumbai dan Pemuda Pancasila (PP) yang bekerjasama dengan tokoh masyarakat setempat.

Kawasan wilayah Bom Lama, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru pukul 20.30 Wib, telah dipadati ratusan masyarakat yang ingin melihat langsung pemutaran film bersejarah tersebut.

Dalam pemutaran film penghianatan itu, dihadiri oleh Danramil 01/Rumbai, Mayor Tarigan jajaran, personel Polsek Rumbai, From Pembela Islam (FPI) Kota Pekanbaru, Club Motor XTC Pekanbaru, IPBR dan jajaran anggota PP.

Animo masyarakat cukup antusias menyaksikan pemutaran film yang cukup jarang dilihat.

Dalam sambutannya, Danramil 01 Rumbai Mayor Tarigan, mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah hadir menyaksikan langsung pemutaran ulang film G30S PKI.

"Kita sengaja memutar ulang film ini, agar masyarakat tidak melupakan sejarah," ujar Tarigan.

Lebih jauh dia mengatakan, film G30S PKI merupakan sejarah kelam yang pernah ada dan terjadi di Indonesia.

"Karena ada pemberontakan pertama 1948 di Madiun yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang tidak mengenal namanya tuhan," kata Tarigan.

Dalam sejarahnya, perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia sejak itu, petinggi-petinggi Jendral besar TNI serta anak bangsa Indonesia serta para ulama tewas dibunuh PKI, tanpa mengenal belas kasihan. sangat keji.

Oleh karena itu, sambung Tarigan, dengan memutar kembali film G30S PKI, agar dapat mengingat dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang tewas dimedan perjuangan.

"Kita harap masyarakat setelah menonton film ini, tidak percaya dengan isu-isu yang tidak benar. Misalnya ada yang bilang kalau film ini rekayasa atau lainnya. Jadi kita tontonkan lagi ke masyarakat agar lebih tau," tambah Tarigan.

Sementara itu, perwakilan dari FPI kota Pekanbaru, M Khalik Tobing mengatakan bahwa dengan diadakan nobar film G30S PKI agar dapat membangkitkan semangat generasi muda, khususnya di wilayah Rumbai, Pekanbaru.

"Ini adalah kegiatan positif. Sehingga dapat memunculkan semangat dan cinta tanah air," ujar Khalik.

Menurut dia, dengan adanya pemutaran ulang film G30S PKI ini, juga dapat merekatkan kembali semangat pemuda dan pemudi.

Sehingga terhindar dari kegiatan yang dilarang undang-undangan negara Indonesia dan kaedah agama Islam.

"Saya berharap kepada masyarakat agar dapat memahami, bahwa paham komunisme itu tidak sesuai dengan Pancasila yang pertama yakni "Ketuhanan Yang Maha Esa".

Selain itu, masyarakat lebih mewas diri dan waspada terhadap aktifitas yang cendrung ingin merubah Pancasila dan UUD.

"Kami siap mendukung dan membantu pemerintahan dan pihak TNI dan sebagainya untuk mencegah dan menangkal munculnya paham-pahan radikal tersebut," imbuh Khalik.

Kemudian dia berpesan kepada masyarakat khususnya Kota Pekanbaru, harus memiliki sebuah keyakinan dan cinta tanah air jika ingan membumihanguskan PKI di negara Indonesia.

Sementara itu, ratusan massa dari kalangan warga datang beramai-ramai untuk menonton pemutaran film G30S PKI di wilayah Bom Lama. Dari yang tua hingga kecil. Meski sempat diguyur hujan ringan, niat warga untuk menonton risky berubah.

Untuk diketahui, satu-satunya film rekonstruksi peristiwa G30S di masa itu, berhenti tayang secara nasional pada Oktober 1998 silam.

Namun, menjelang 30 September tahun ini, film tersebut kembali diputar yang tentunya mendapatkan izin dari pemerintahan dan Pangliman TNI.

TNI di bawah pimpinan Jenderal Gatot Nurmantyo menerbitkan aturan dan anjuran untuk menonton kembali film tersebut bersama-sama. (ig)

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...