Tingkat Mutu, UIR Perkuat Auditor Internal

Rabu,13 September 2017 - 19:26:06 WIB | Di Baca : 1463 Kali

Riauaktual.com - Sebagai Universitas yang berkembang pesat di Provinsi Riau dan Sumatera, Universitas Islam Riau (UIR) terus meningkatkan mutu pendidikan, melalui penguatan tim auditor internal. Tim ini akan menjadi motor tentang sistem penjaminan mutu pendidikan di UIR.

Demikian disampaikan oleh Rektor UIR yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan, Ir. Asrol, M.Ec, saat membuka Pelatihan Audit Mutu Internal, Penyegaran dan Perekrutan Auditor Baru, Selasa (12/9/2017) di aula Fakultas Hukum UIR.

Wakil Rektor Ir. Asrol, M.Ec, dalam sambutannya menegaskan, untuk mewujudkan UIR sebagai universitas yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara, maka UIR harus menguatkan tim audit mutu internal secara terus menerus dan berkesinambungan. Auditor juga menurutnya juga harus memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan mutu pendidikan.

"Komitmen kita di UIR ini mutunya harus terus meningkat dari waktu kewaktu. Auditor internal juga harus memiliki komitmen yang kuat pula dalam meningkatkan mutu pendidikan, sehingga apa yang kita cita citakan terwujud dengan baik," kata Asrol.

Asrol menambahkan UIR memiliki perhatian khusus terhadap sistem penjaminan mutu internal. Hal ini dikarenakan UIR memiliki beberapa target besar menjadi universitas terbaik di kawasan. Target UIR tersebut seperti tercapainya Akreditasi A pada institusi dan target mendapatkan ISO di tahun 2018 mendatang.

"Saat ini kita sudah melihat perkembangan yang sangat baik, dari segi akreditasi prodi sudah banyak yang kita dapat nilai A dan sebahagian besar lainnya B. Kita juga sudah mendapatkan ISO untuk fakultas Hukum, dan Fakultas Agama Islam akan menyusul. Jadi 2018 kita targetkan institusi kita dapat nilai A dan tersertifikasi ISO. Untuk mencapai semua itu perlu kita kuatkan sistem penjamiman mutu kita di dalam ini," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Kontrol Mutu (LP2KM) UIR, Sri Rezeki berkata saat ini UIR sudah memiliki auditor internal yang menjalankan sistem penjaminan mutu di UIR. Pada kegiatan pelatihan kali ini selain melakukan penyegaran terhadap auditor internal yang sudah juga, juga akan dilakukan perekrutan tim auditor yang baru sebanyak 32 auditor lagi.

"Saat ini kita sudah memiliki 41 program studi yang terdapat di sembilan fakultas dan di pasacasarjana. Jadi dengan jumlah program studi yang sebanyak itu, kita membutuhkan tambahan tim auditor internal yang baru," katanya.

Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP) UIR juga mengatakan, pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari sejak 12-14 Septermber 2017. Selain akan diberi materi dan pemahaman tentang sistem penjaminan mutu, peserta nantinya juga akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan audit mutu di setiap program studi yang ada di UIR.

Sri juga mengatakan bahwa dalam kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) UIR, para auditor memegang peranan penting dalam hal menjaga mutu dan citra instutusi baik dari sisi akademik, keuangan, sumber daya manusia (SDM, maupun sarana dan prasarana panunjang lainnya.

"Sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bagi masyarakat, UIR harus memiliki standar mutu yang baik di setiap unit. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas UIR secara terus menerus," katanya.(Dr)

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com