Lionel Messi mencoba menghindar dari sapuan Medhi Benati saat Barcelona berhadapan dengan Juventus pada matchday pertama Liga Champions di Camp Nou, Selasa (12/9/2017).(AFP/Lluis Gene)

Hasil Liga Champions Grup D, Menang Tiga Gol Tanpa Balas, Barca Sukses Balaskan Dendam kepada Juve

Rabu,13 September 2017 - 03:58:18 WIB Di Baca : 3730 Kali

Riauaktual.com - Barcelona melakoni pertandingan perdana mereka di Grup D Liga Champions musim 2017-2018 dengan menjamu Juventus di Estadio Camp Nou, Rabu (13/9/2017) dini hari WIB. Tampil menyerang sejak menit awal, Barca mampu menyudahi laga dengan kemenangan 3-0 atas Juve.

Kemenangan ini pun menjadi pembalasan dendam sempurna bagi Barca kepada Juve. Yang mana mereka pada musim lalu kalah secara agregat 0-3 dari Juve di perempatfinal Liga Champions 2016-2017. Hasil ini juga mengantarkan Barca memuncaki klasemen sementara Grup D Liga Champions 2017-2018.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meski berstatus sebagai tim tamu, tak lantas membuat Juve enggan langsung memberikan tekanan kepada Barca. Bahkan ketika laga baru berusia enam menit, Juve sudah hampir unggul lebih dahulu melalui aksi dari De Sciglio. Namun sepakan spekulasi dari De Sciglio masih belum tepat sasaran.

Berjarak 11 menit, giliran Pjanic yang memberikan ancaman untuk lini pertahanan Barca. Melihat ada celah di lini belakang tim tuan rumah, gelandang Timnas Serbia tersebut melepaskan sepakan keras. Beruntung bagi Barca, Ter Stegen masih mampu membaca arah sepakan Pjanic dengan baik.

Baru pada menit 20, Barca mendapatkan peluang emas pertama mereka di laga ini. Memanfaatkan bola rebound dari sepakan bebas Messi, Suarez pun lalu menembakan bola ke arah gawang Juve. Namun Buffon masih menepis bola hasil sepakan Suarez itu keluar area pertandingan.

Higuain! Hampir saja mampu membawa Juve unggul lebih dahulu atas Barca pada menit 28 melalui peluang emasnya. Higuain sukses melepaskan sepakan melengkung dari luar kotak penalti yang mengarah tepat ke gawang Barca. Namun Ter Stegen lagi-lagi mampu membaca arah bola sepakan itu.

Berselang 10 menit, giliran Barca yang mendapatkan peluang emas untuk bisa membuat para pendukungnya di Estadio Camp Nou bersorak. Tapi sayang, sepakan kaki kiri yang dilepaskan Dembele dari dalam kotak penalti Juve, masih melambung tinggi di atas gawang Buffon.

Pada babak pertama menyisahkan satu menit lagi, Barca akhirnya mampu unggul lebih dahulu dari Juve melalui gol dari Messi. Memanfaatkan umpan satu-dua dengan Suarez, Messi pun melepaskan sepakan kaki kiri yang tak mampu dihalau oleh Buffon. Barca 1-0 Juve.

Hingga 45 menit pertama berakhir, tidak ada gol tambahan yang mampu dicetak oleh kedua kesebelasan. Untuk sementara tim tuan rumah, Barca, mampu unggul 1-0 atas tamunya, Juve, di interval pertama laga ini.

Babak Kedua

Babak kedua baru berusia tujuh menit, Barca sudah hampir menambah keunggulan mereka atas Juve jadi 2-0. Adalah sepakan kaki kiri Messi yang hampir membuat publik Camp Nou bersorak. Namun sayang sepakan Messi masih membentur tiang gawang Juve.

Rakitic! Akhirnya mampu membawa Barca menambah keunggulan mereka atas Juve jadi 2-0 melalui golnya pada menit ke-57. Memanfaatkan bola sapuan yang tak terarah dari Benatia, Rakitic pun menyepak bola yang dengan deras masuk ke dalam gawang Juve.

Pada menit ke- 70, Messi sukses kembali mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Barca unggul 3-0 atas Juve. Sukses melewati hadangan dari dua pemain bertahan Juve, Messi menyelesaikan aksinya itu dengan sepakan yang tak mampu digapai oleh Buffon.

Delapan menit berselang, Barca sebenarnya mampu menambah keunggulan mereka atas Juve menjadi 4-0 melalui gol yang dicetak oleh Suarez. Namun wasit harus menganulir gol itu, lantaran Suarez sudah lebih dahulu terperangkat jebakan offside.

Saat pertandingan menyisahkan sembilan menit lagi, Juve sebenarnya memiliki kans untuk bisa memperkecil kedudukan melalui aksi dari Benatia. Namun sundulan Benatia yang memanfaatkan sepak pojok dari Dybala, masih gagal menemui sasaran yang tepat.

Pada menit 87, Barca kembali mendapatkan peluang emas melalui sepakan besar dari gelandang anyar mereka, yakni Paulinho. Akan tetapi sepakan spekulasi yang dilepaskan personel Timnas Brasil itu masih jauh melambung di atas gawang Buffon.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang mampu dicetak oleh kedua kesebelasan. Tim tuan rumah, Barca, mampu menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan 3-0 atas tamunya, Juve.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Pique, Umtiti, Jordi Alba; Rakitic (Paulinho 76’), Busquets, Iniesta (Andre Gomes 84’); Messi, Suarez, Dembele (Sergi Roberto 72’).

Pelatih: Ernesto Valverde

Juventus (4-3-3): Buffon; De Sciglio (Sturaro 43’), Barzagli, Benatia, Alex Sandro; Bentancur (Bernadeschi 64’), Pjanic, Matuidi; Douglas Costa, Higuain (Caligara 89’), Dybala.

Pelatih: Massimiliano Allegri

 


Sumber : kompas.com

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com