Ada Dua Prodi Baru di UIR Pekanbaru, Apa Saja?

Ada Dua Prodi Baru di UIR Pekanbaru, Apa Saja?

Riauaktual.com - Universitas Islam Riau (UIR) membuka dua Program Studi (Prodi) baru untuk tahun ajaran 2017-2018. Dua prodi baru tersebut adalah Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Prodi Perbankan Syariah. Keduanya berada di bawah Fakultas Agama Islam UIR.

Informasi pembukaan dua prodi baru tersebut disampaikan oleh Rektor UIR Prof. Syafrinaldi, dalam sambutannya pada kegiatan sosialisasi pengisian Borang Wasdalbin, Eka dan Intrumen Prodi yang dihadiri oleh seluruh Dekan, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi di lingungan UIR, Sabtu (12/08) pagi.

Dibukanya Dua Prodi baru jenjang sarjana tersebut yakni Prodi Pendidikan Bahasa Arab, dan Prodi Perbankan Syariah berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam nomor 4142 tertanggal 31 Juli 2017 lalu.

"Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu kita menerima SK tentang pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Perbankan Syariah, dan tahun ajaran baru 2017-2018 ini yaitu pada gelombang ketiga kita buka pendaftaran untuk dua prodi ini," kata Syafrinaldi.

Dengan dibukanya dua Prodi baru tersebut, maka jumlah Prodi yang ada di lingkungan UIR bertambah menjadi 41 Prodi, yang terdiri dari program jenjang Diploma (D3) dua prodi, Jenjang Sarjana (S1) 33 Prodi dan jenang Magister sebanyak enam Prodi.

Rektor UIR mengharapkan, Dekan dan Ketua Prodi untuk terus meningkatkan mutu, guna mengejar visi dan misi UIR menjadi sebuah universitas Islam yang unggul di Asia Tenggara tahun 2020.

"Kita harus terus berbenah dan mengembangkan potensi diri kita. Bagi prodi yang saat ini sudah mendapat nilai Akreditasi A misalnya bagaimana kedepannya peringkat tersebut tetap dipertahankan. Bagi Prodi yang sudah mendapat Akreditasi B bagaimana kedepannya bisa ditingkatkan lagi. Bagi prodi-prodi yang baru dibuka bagaimana kita terus meningkatkan mutu kita dengan baik," harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Zulkifli Rusbi, mengatakan dengan telah dibukanya dua Prodi baru ini maka jumlah Prodi di Fakultas Agama Islam sudah menjadi lima prodi, yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Perbankan Syariah yang baru saja dibuka. Khusus untuk prodi Pendidikan Agama Islam merupakan prodi yang sudah Terakreditasi A.

Menurut Dekan FAI ini, dibukanya dua Prodi tersebut, merupakan atas kajian dan pertimbangan masih tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan yang berkaitan dengan pendidikan Islam. "Banyak masyarakat ingin melanjutkan studi terkait dengan pendidikan Islam, makanya kita buka prodi baru tersebut," ungkap Zulkifli Rusbi.

Dia juga merasa optimis, meski baru dibuka tahun ini, peminat dua Prodi ini tetap banyak. "Kita optimis akan banyak peminat untuk dua prodi baru ini. Sejak izinnya kita terima kita terus sosialisasi ke masyarakat memperkenalkan prodi yang baru ini," katanya.

UIR sendiri sudah melakukan penerimaan mahasiswa baru tahuan ajaran 2017-2018 sebanyak dua gelombang. Penerimaan mahasiswa baru gelombang ke-3 dimulai tanggal 12 Agustus 2017 sampai tanggal 16 Agustus 2017 mendatang. Ujian seleksi masuk akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus.

Zulkifli Rusbi menambahkan dalam meningkat mutu dan lulusan, Fakultas Agama Islam senantiasa terus meningkatkan kerjasama baik dalam negeri maupun di luar negeri. Dia menjelaskan, beberapa waktu yang lalu misalnya puluhan mahasiswa FAI UIR di kirim untuk Kuliah Kerja Nyata KKN dan Magang di Thailand dan Malaysia. (Sr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index