HISTORIPEDIA: Tsunami Hantam Alexandria Sebabkan Puluhan Ribu Orang Tewas

HISTORIPEDIA: Tsunami Hantam Alexandria Sebabkan Puluhan Ribu Orang Tewas
Foto puing-puing Kota Alexandria yang dulu hancur akibat tsunami (Foto: Devastating Disaster)

Riauaktual.com - Bencana alam mematikan yang tercatat dalam sejarah terjadi pada hari ini di tahun 365. Gempa bumi kuat yang terjadi di wilayah lepas pantai Yunani memicu munculnya tsunami yang menghantam Kota Alexandria, Mesir.

Sebagaimana dikutip dari History, Jumat (21/7/2017), walau tidak diketahui pasti daya dari gempa tersebut, para peneliti memperkirakan gempa yang terjadi pada saat itu tercipta dari dua guncangan, di mana salah satunya memiliki kekuatan 8,0 skala Richter.

Pusat gempa dahsyat itu terjadi di wilayah yang berdekatan dengan batas lempeng Arc Hellenic dan menciptakan tembok air yang melintasi Laut Tengah menuju pantai Mesir. Kapal-kapal yang tengah berlabuh di Alexandria langsung terbalik akibat air yang muncul secara mendadak.

Terdapat indikasi bahwa ketika kapal-kapal itu terbalik, banyak warga yang berada di lokasi langsung menjarah kargo di kapal-kapal tersebut. Gelombang tsunami kemudian membawa kapal-kapal yang tengah melaut mendarat di atas bangunan. Ketika tsunami itu berakhir, diperkirakan 5.000 orang di Alexandria tewas dengan 50.000 bangunan yang luluh lantak.

Dampak yang terparah justru terlihat di kota-kota kecil serta desa yang berada di dekat Alexandria. Pasalnya, akibat tsunami tersebut, banyak kota kecil yang hilang dari peta karena tak ada bangunan dan warga yang tersisa. Setidaknya ada 45.000 orang yang tinggal di luar Alexandria disebut tewas.

Selain menyebabkan banyak korban tewas, genangan air laut menyebabkan lahan pertanian jadi tak berguna untuk ke depannya. Bahkan, garis pantai wilayah Alexandria pun perlahan berubah akibat bencana itu. Bangunan Tempat Pemondokan Kerajaan Alexandria pun ikut hancur.

Puing-puing kota tua yang hancur itu baru terungkap pada 1995 oleh para arkeolog yang menemukannya di wilayah lepas pantai Kota Alexandria modern. Setiap tahunnya demi mengenang bencana tersebut, warga Kota Alexandria acap kali berdoa dan menyalakan semua lampu di kota untuk para korban yang kehilangan nyawa akibat tsunami itu.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index