Jamin Keselamatan, Dishub Pekanbaru Akan Lakukan Pengecekan Angkutan Lebaran

Jamin Keselamatan, Dishub Pekanbaru Akan Lakukan Pengecekan Angkutan Lebaran
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Guna memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan melakukan perjalan mudik dengan kendaraan (angkutan) umum. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru akan melakukan pengecekan kesemua angkutan lebaran sebelum meninggalkan terminal.

Sekretaris Dishub Kota Pekanbaru, Syabanullah, ketika dihubungi, Selasa (13/6) melalui telpon seluler mengatakan bahwa pengecekan kelayakan angkutan lebaran ini merupakan salah satu bentuk pengawasan dan pelayanan terhadap masyarakat yang ingin menggunakan angkutan umum sebagai moda angkutan lebaran.

"Kami yang melakukan ram check. Seluruh kendaraan akan di cek kembali. Ini persiapan cek fisik dalam rangka persiapan angkutan lebaran 2017 ini," ucapnya.

Baban sapaan akrabnya menjelaskan, ram check itu sendiri dilakukan untuk memastikan kendaraan yang akan dipakai pemudik sudah sesuai standar keselamatan. Baik itu fisik kendaraan maupun kelengkapan surat-surat kendaraan, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

"Kita ingin memastikan bahwa bus yang beroperasi ini layak jalan demi menjaga keamanan penumpang dan kelengkapan surat juga ada," jelasnya.

Selain keamanan bus, lanjut Syahbanullah, kesehatan sopir juga menjadi prioritas. Untuk itu pihaknya bersama BNN akan melakukan tes urin kepada semua sopir angkutan.

"Pemeriksaan kesiapan fisik kendaraan dan test urin akan dilakukan diterminal. Yang jelas langkah pengawasan yang dilakukan ini dapat menjamin keselamatan masyarakat selama arus mudik lebaran 2017 berlangsung," harapnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index