Dipasok 4 Perusahaan, Distanak Jamin Stok Sapi Aman Selama Ramadhan

Dipasok 4 Perusahaan, Distanak Jamin Stok Sapi Aman Selama Ramadhan
ilustrasi

Riauaktual.com - Berkaca dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Permintaan akan daging sapi segar dibulan suci Ramadhan cukup tinggi. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru menjamin stok sapi di Pekanbaru aman.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru, Elsyabrina, memastikan stok daging sapi segar jelang dan selama Ramadan mencukupi. Hal ini ditandai ada 4 perusahaan besar yang rutin memasok kebutuhan sapi untuk Kota  Pekanbaru.

“Untuk ketersediaan daging sapi segar menjelang dan selama bulan puasa hingga lebaran Idhul Fitri aman dan tidak ada masalah, karena pasokan sapi dari luar juga lancar,” ungkapnya.

Elsyabrina menambahkan, untuk kenaikan harga memang tidak dapat dihindari. Karena hukum ekonomi tentunya berlaku disini. Dimana permintaan tinggi, maka harga pun akan naik. Meski demikian, harga daging menjelang puasa nanti diperkirakan berkisar antara Rp 110 ribu hingga Rp 120 ribu per kilo.

“Untuk saat ini harga masih normal.  Biasanya kenaikan harga terjadi pada H-1 menjelang puasa dan permintaan pada saat itu sangat tinggi. Namun kenaikan ini masih dalam batas wajar. Dan kita pun tidak dapat mengintervenai pasar. Sebab pasokan daging sudah dilempar kepasar sesuai dengan kebutuhan," paparnya.

Elsyabrina menambahkan, untuk saat ini rata-rata jumlah sapi yang dipotong di Rumah Potong Hewan Pekanbaru sebanyak 30 sampai 40 ekor. Namun jumlah ini akan meningkat H-2 menjelang puasa Ramadhan dan H-menjelang lebaran Idhul Fitri.

"Kalau permintaan tinggi itu biasanya H-2 menjelang puasa. juga jumlah sapi yang dipotong ditambah dari hari biasa dan bisa mencapai sekitar 50 ekor lebih," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index