Tamat dari SMK Bukan Akhir Pendidikan

Tamat dari SMK Bukan Akhir Pendidikan
ilustrasi

Riauaktual.com - Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr H Kasmol, Selasa 9 Mei 2017 menghadiri acara Farewell Party siswa-siswi SMK Hasanah Pekanbaru di salah satu hotel di Pekanbaru. Dalam kesempatan itu Kamsol mengingatkan kalau menamatkan pendidikan di SMK bukan lah akhir dari pendidikan.

"Meski adek-adek telah dibekali dengan keterampilan atau sof skill dalam menghadapi dunia kerja, tamat dari SMK bukan lah akhir dari pendidikan, ini adalah awal dari mengenal dan menjalani bagaimana kerasnya kehidupan," kata Kamsol dihadapan 160 siswa kelas XII dan para orang tua/wali siswa yang hadir.

Kamsol dikesempatan itu juga mengajak agar para siswa-siswi bisa melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi. Karena menuntut ilmu tidak ada batasannya. Ini juga akan memberi dampak positif bagi seseorang, karena dengan semakin tingginya atau banyaknya ilmu yang dipelajari, maka akan semakin banyak pula tahu.

"Memang di SMK ini telah dibekali dengan kemampuan skill yang memadai, namun tidak ada salahnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, bisa saja kuliah sambil bekerja dilakukan," himbaunya.

Bahkan, lanjut Kamsol, untuk siswa berprestasi Pemerintah Provinsi Riau sejak beberapa tahun terakhir telah menyediakan beasiswa penuh bagi siswa-siswi berprestasi untuk kuliah di berbagai Perguruan Tinggi favorit di Indonesia. "Keseluruhan sudah ada Lima ribu penerima beasiswa dari Pemprov Riau ini, karena itu manfaatkan lah kesempatan ini," ujar Kamsol.

Sementara Kepala SMK Hasanah Pekanbaru, Sondang Elisabet SPd MM berharap para siswa yang lulus dapat segera berkarya di dunia kerja. Tak hanya itu, dia juga mendorong mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Sejauh ini, sudah ada beberapa siswa yang lulus dan langsung direkrut oleh pelaku dunia usaha dan dunia industri. Di antaranya ada yang dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Jumlahnya sekitar 10 persen dari 160 siswa yang lulus.

Dari siswa yang dilantik kemarin, SMK Hasanah meluluskan 18 orang siswa jurusan Keperawatan. “Ini adalah alumni angkatan pertama di jurusan keperawatan,” papar Sondang.

Selain 18 lulusan itu, adapula 75 siswa yang lulus dari kompetensi keahlian otomotif (jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor). Lalu, 67 orang kompetensi Teknik Informatika (Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multi Media).

Selain melepas siswa yang lulus, Sondang juga menginformasikan bahwa SMK Hasanah sudah membuka kesempatan pendaftaran calon peserta didik baru. Dimana, tahun ini pihaknya menargetkan menerima 350 orang di delapan jurusan.

Khusus jurusan Keperawatan, ditargetkan menerima 50 orang atau dua kelas. Sondang optimis target ini tercapai melihat tingginya animo calon peserta didik mendaftarkan diri di jurusan Keperawatan. (nik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index