Program KotaKu Bantu Pengoperasian dua Rusunawa di Pekanbaru

Program KotaKu Bantu Pengoperasian dua Rusunawa di Pekanbaru
rusunawa rejosari

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus mendapatkan dukungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI untuk segera mengoperasikan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Rejosari (eks lokalisasi tleju) dan Rusunawa Yosudarso.

Setelah sebelumnya, pembangunan dua rusunawa tersebut dilakukan oleh Kementrian PU Pusat, kali ini bantuan datang dari Program KotaKu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Dukungan kali ini ialah, dalam bentuk bantuan untuk proses renovasi kedua Rusunawa tersebut, mulai dari kelengkapan bangunan hingga taman sarana umum bagi penghuni rusunawa tersebut.

Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman(DPKP) Kota Pekanbaru, Mulyasman kepada wartawan mengatakan bahwa saat ini pihaknya intens melakukan upaya untuk segera mengoperasikan dua rusunawa tersebut. mulau di tingkat Provinsi Riau hingga ke tingkat Kementerian.    

"Kita berharap tahun ini (dua rusunawa) sudah bisa di fungsikan," katanya di temui, Selasa(9/5) di kantor walikota Pekanbaru.

Terkait progres pemanfaat dua rusunawa tersebut, Dijelaskan Mulyasman dalam waktu dekat ini pihaknya akan kembali membuka pendaftaran calon penyewa rusunawa. Sebelumnya proses tersebut sudah dilakukan.

"Setidaknya sudah ada 7 pendaftar untuk rusunawa Rejosari, untuk rusunawa Yosudarso dirinya belum mendapatkan laporan," ungkapnya.

Sementara untuk tarif Sewa Rusunawa yang akan diberlakukan kepada penyewa rusun, lanjut Mulayasman, mengatakan bahwa sesuai Perda Rusunawa yang baru disahkan DPRD Kota Pekanbaru pada awal tahun 2016 sewa Rusunawa yang ditetapkan berjenjang tergantung lantai bangunan. Lantai dua disewakan sebesar Rp 300 ribu, lantai tiga Rp 275 ribu, lantai empat  Rp 250 ribu dan lantai lima Rp 175 ribu.

"Besarannya bisa saja ada perubahan, meskipun ketetapan tersebut sudah di perdakan," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index