Hadiri HUT 98 Damkar 2017, ini Kata Gubernur Riau

Hadiri HUT 98 Damkar 2017, ini Kata Gubernur Riau
Gubri bersama Pj Wako dan Sekda menyaksikan salah seorang petugas pemadam kebakaran yang menarik mobil dengan menggunakan giginya.

Riauaktual.com - ‎Hari ulang tahun (HUT) pemadam kebakaran tahun 2017 dirayakan dalam upacara di halaman kantor Walikota Pekanbaru, Senin (20/3).

"Saat ini penanganan kebakaran di kota Pekanbaru sudah cukup bagus," ucap Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman, yang turut hadir dalam HUT Pemadaman Kebakaran.

Menurut Gubri, sejalan dengan banyaknya pertumbuhan gedung tinggi yang semakin berkembang di Pekanbaru. Diharapkan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan (DPKK) Pekanbaru harus berbenah untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

"Saat ini Pekanbaru sudah banyak gedung-gedung. Diharapkan Damkar bisa mengantisipasi jika terjadi musibah kebakaran," ungkapnya.

Ia menyorot armada mobil tangga yang saat ini dimiliki DPKM masih tingkat tiga. Ia berharap ada armada yang bisa menjangkau lebih tinggi lagi.

"Begitu juga dengan personilnya harus bisa bekerja dan menjaga kota dari kebakaran dengan hati yang iklas dan sepenih hati," paparnya.

Sementara itu, Kepala DPKK Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengakui saat ini armada di Dinas masih sangat kurang. Jumlah armada yang ada hanya 26 unit.

"Seharusnya di setiap kecamatan ada tiga atau empat armada, kita berharap ke depan ada penambahan armada," jelasnya.

Ia juga berharap kepada seluruh personilnya untuk bekerja dengan maksimal, meski saat ini jumlah armada masih minim.

"Kita tetap bekerja dengan sepenuh hati, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," imbuhnya.

Dalam hut tersebut juga digelar aksi heroik yang ditunjukkan oleh para petugas pemadam kebakaran yang memakai semboyan “Pantang pulang sebelum api padam” itu diantaranya teknik ibu rumah tangga memadamkan api secara tradisional, dan aksi ibu rumah tangga memadamkan api dengan racun api, serta para srikandi Damkar yang memadamkan api dengan menggunakan fasilitas mobil pemadam kebakaran.

Disamping itu tim pemadam juga menunjukkan aksi yang memukau lain yakni ketika melakukan aksi evakuasi korban kebakaran dari lantai 3 Bappeda dengan tiga utas tali, dan dilanjutkan dengan penarikan mobil double kabin dengan menggunakan gigi. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index