Wabup Rohil Buka Musrenbang Kecamatan Rantau Kopar

Wabup Rohil Buka Musrenbang Kecamatan Rantau Kopar
Wabup Rohil saat berkunjung ke Kecamatan Rantau Kopar kemarin

Riauaktual.com - Wakil Bupati Rokan Hilir Drs. Djamiludin secara resmi membuka Musrenbang Kecamatan Rantau Kopar, Senin (20/2/2017). Musrenbang itu bertujuan mendapat masukan untuk penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

Menurut Susilo Widagdo Aly, S.Sos, Pj. Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol pada Asisten Administrasi Umum melalui Kasubag Humas, Husnul Yamin, S.Sos, mengatakan bahwa Musrenbang merupakan forum antar pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja 2018. "Tujuannya mendapat masukan untuk penyusunan RKPD Kabupaten Rokan Hilir," jelas Husnul Yamin.

Disamping memberikan masukan, Musrenbang menjadi sinkronisasi agenda dan prioritas organisasi perangkat daerah (OPD). Dikatakan Wabup Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga terjadi di leval kecamatan dan kota demikian pula di provinsi dan nasional. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

Pada mulanya, Musrenbang diperkenalkan sebagai upaya mengganti sistem sentralistik dan top-down. Masyarakat di tingkat lokal dan pemerintah punya tanggung jawab yang sama berat dalam membangun wilayahnya. Masyarakat seharusnya berpartisipasi karena ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan. (Humas/Zai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index