Kejari Tangerang terima uang pengganti denda tiga terpidana kasus pengadaan mobil tangga pemadam

Kejari Tangerang terima uang pengganti denda tiga terpidana kasus pengadaan mobil tangga pemadam
Kasi pidana khusus M Firdaus dan barang bukti uang tunai Rp 4 miliar.

Riauaktual.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang menerima uang pengganti dan denda dari tiga terpidana kasus pengadaan mobil tangga pemadam kebakaran, Selasa (31/1/2017). Pengadaan tersebut menggunakan APBD Kota Tangerang TA 2013 yang menyebabkan kerugian negara hingga Rp. 4 miliar.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kota Tangerang, Tengku Firdaus mengatakan, pengembalian uang denda dan pengganti ini dilakukan setelah pihaknya mendapat salinan putusan MA. Jaksa mengajukan kasasi karena pengadilan Tipikor memutus perkara tanpa uang pengganti.

“Dalam kasus ini kita ajukan kasasi karena kerugian negara harus ada uang pengganti dan denda. Alhamdulillah kasasi kita diterima dan terpidana diwajibkan membayar uang pengganti serta denda tersebut,” jelas Tengku saat menggelar press rilisnya.

Dalam kasus damkar ini, ada tiga terpidana yang secara sah dan meyakinkan terbukti bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi. Mereka adalah Diding Iskandar selaku pejabat pembuat komitmen, Adrian Rusli selaku pemenang tender proyek dan Asepto Ulung selaku Pejabat Pembuat Teknis Lapangan.

“Pada pengadilan Tipikor Diding sudah divonis 2 tahun penjara ditambah denda Rp.100 juta, Adrian Rusli divonis 5 tahun penjara ditambah denda Rp100 juta serta uang pengganti Rp.785,6 juta dan Asepto divonis 2 tahun penjara,” ungkapnya.

Namun setelah diajukan kasasi oleh jaksa, tambah Tengku, hukuman Diding bertambah menjadi 5 tahun penjara, denda Rp. 100 juta dan uang pengganti Rp. 200 juta. Sedangkan Adrian Rusli juga ditambah hukuman menjadi 5 tahun penjara, denda Rp 200 juta dan uang pengganti Rp 785,6 juta.

“Kalau Asepto kita tuntut 3 tahun dan diputus 2 tahun penjara ditambah denda Rp50 juta,” katanya. (rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index