ilustrasi

Gubri Minta Setiap SKPD Siapkan RUP Untuk APBD 2017

Jumat,23 Desember 2016 - 10:14:00 WIB Di Baca : 9790 Kali

RIAU (RA) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman minta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) siapkan Rencana Umum Lelang (RUP) 2017 mendatang. Sehinga begitu awal tahun, program kerja masing-masing SKPD sudah bisa langsung dilaksanakan.

"Kalau provinsi sudah menyiapkan RUP. Supaya awal tahun nanti Januari sudah segera dimulai pelelangan," kata Andi Rachman (sapaan akrab Gubri).

Pentingnya masing-masing SKPD RUP berkaitan dengan pengisian Perangkat Daerah (OPD) yang diharapkan sudah bisa dijalankan pada awal Januari 2017 nanti. Sementara bagi SKPD yang bakal dilebur sifatnya akan disesuaikan nantinya.

"Nanti kita sesuaikan kalau itu. Mana yang perlu digeser kita geser," ungkap Andi.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau Rahmad Rahim menyatakan akan mengeluarkan pemberitahuan kepada setiap SKPD untuk menyusun RUP terhadap proyek yang sudah masuk dalam APBD 2017.

Selain itu, meski saat ini APBD Murni 2017 sedang dalam tahap verifikasi oleh Kemendagri RI, SKPD sudah bisa melakukan proses lelang bersyarat, untuk beberapa proyek pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017.

"Lelang bersyarat itu sudah bisa dilakukan sekarang, supaya pada saat APBD Murni 2017 selesai diverifikasi, sudah bisa langsung dijalankan pada awal tahun," ungkap Rahmad.

Lelang bersyarat itu dengan maksud agar tidak terjadi kesalahpahaman antara Pemprov Riau dengan pihak kontraktor sendiri. SKPD dipersilahkan untuk membuat kesepakatan, jika seandainya terjadi perubahan dalam verifikasi Kemendagri terhadap rancangan APBD, maka ketentuan lelang bisa saja diubah.

Untuk lelang proyek kegiatan tahun 2017 nanti, akhir 2016 ini pada prinsipnya semua SKPD di lingkungan Pemprov Riau susah bisa dilakukan. Dia mengharapkan untuk saat ini SKPD sudah mulai untuk menyusun Rencana Umum Pengadaan (RUP).

Supaya nantinya pada saat verifikaai Kemendagri selesai pengerjaan proyek sudah bisa dilaksanakan dengan pihak kontraktor. Pemprov Riau juga menargetkan pola perubahan realisasi anggatan,  awal tahun 2017, rencana kegiatan sudah berjalan supaya realisasi anggatan bisa terserap maksimal.

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com