407 Peserta Ikuti Diklat Prajabatan CPNS Kota Pekanbaru

407 Peserta Ikuti Diklat Prajabatan CPNS Kota Pekanbaru
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Sekitar 407 CPNS dilingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang berasal dari tenaga honorer K1/K2, mulai Senin (30/5) hingga satu pekan ke depan akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Pra Jabatan.

Kepala Kantor Diklat Kota Pekanbaru, Irma Novrita mengatakan, Diklat ini dilaksanakan di Jalan Ronggo Warsito bekerjasama dengan Balai Diklat Provinsi Riau.

"Untuk tempat diklatnya, kita masih bekerjama dengan Balai Diklat Provinsi Riau. Pasalnya kita belum memiliki Balai Diklat sendiri," ungkap Irma, ketika ditemui, Senin (30/5), di aula kantor walikota.

Menurut Irma, Diklat ini sangat penting digelar dan wajib untuk diikuti seluruh CPNS. Pasalnya, akan banyak materi yang harus dipahami dan dipelajari oleh CPNS sebagai pelayan masyarakat yang baik.

"Mereka ini harus rutin hadir dan mengikuti Diklat, bahkan harus menginap. Kalau tidak, mereka ini bisa saja tidak lulus. Disamping itu pengangkatannya sebagai CPNS juga akan ditunda," paparnya.

Ditempat yang sama Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, H M Noer MBs usai membuka acara Diklat, mengingatkan kepada peserta Diklat untuk serius dan berkomitmen untuk mengikuti pelatihan tersebut.

"Saya berharap kepada kalian semua, jangan karena sudah prajabatan kalian tidak serius dalam mengikuti Diklat selama seminggu. Kalau ada yang minta izin coret saja, pasalnya Diklat ini cuma satu Minggu. Jadi manfaatkan sebaik mungkin," tekannya.

M Noer menjelaskan, pelatihan diklat ini tentunya tidak hanya sekedar mengikuti syarat sebagai pengangkatan mereka menjadi PNS. Namun bagaimana merubah mainset para peserta diklat juga.

"Kalau tidak ada dari hati, maka susah jadinya. Tadi saya juga turut melihat masih ada yang tidak ikuti pembacaan sumpah. Disamping itu ada juga sudah minta izin. Jadi saya minta kepala BKD untuk melakukan monitoring pelaksanaan diklat," kata dia.

Berdasarkan dari kantor Diklat, jumlah peserta terbanyak berasal dari Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru mencapai 361 orang, Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru sebanyak 30 orang. Dilanjutkan Badan Kepegawaian Daerah 1 orang, bagian umum dan perlengkapan 1 orang, Dinas Cipta Karya 1, Dinas Bina Marga 1, Dinas Kebersihan dan Pertamanan 1 orang, Dinas Tata Ruang dan Bangunan 1 orang. Selain itu diikuti oleh honorer KI dan K2 yang terdiri dari lima kecamatan, yakni Kecamatan Payung Sekaki 1 orang, Kecamatan Pekanbaru Kota 1 orang, Kecamatan Senapelan 1 orang dan Kecamatan Tenayan Raya 1 orang. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index