Pemko Pekanbaru Terapkan Jumat Pagi Wajib Mengaji Bersama Bagi PNS

Pemko Pekanbaru Terapkan Jumat Pagi Wajib Mengaji Bersama Bagi PNS
ilustrasi membaca alquran

RIAUAKTUAL.COM - Sebagai aplikasi dari cita-cita Wali Kota dan Wakil Wali Kota  menjadikan Kota Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan yang Madani, Pemerintah Kota Pekanbaru telah membuat terobosan program Sekolah Mengaji dan Magrib Mengaji.

Hasilnya sangat luar biasa, dihampir seluruh sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat telah melaksanakan khatam Alquran setiap tahunnya.

Kini program serupa yang sukses dilaksanakan di sekolah-sekolah, mulai diterapkan di lingkungan kantor pemerintah. Kecintaan Walikota terhadap semangat belajar, membaca, menghayati dan mengamalkan Alquran terus digulirkan, dimana kali ini Walikota DR H Firdaus ST MT dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi sepakat menetapkan setiap pagi Jumat sebagai waktu Wajib Mengaji bagi seluruh PNS dan karyawan di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru yang dilanjutkan dengan ceramah agama.

Jumat pagi Wajib Mengaji ini, sudah dimulai hari ini, Jumat (29/04/16) yang diawali di Masjid Nursalim, lingkungan Kantor Walikota Pekanbaru dengan guru pembimbing Ustadz Drs H Saharuddin MA dan ustadz penceramah DR H Nurhadi Husin MA dengan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah Kota Pekanbaru.

Pembacaan Alquran dilakukan seperti tadarus, dan mengaji bersama, para pegawai diberi wawasan tentang tajwid dan penjelasan ayat yang sedang dibaca. Kegiatan yang berlangsung satu jam ini terlihat berjalan dengan khidmat, para pegawai terlihat sangat antusias mengikuti  dan menguang bacaan demi bacaan yang dilantunkan guru pembimbing.

"Kita harus mengenali huruf dan makhrah huruf yang kita baca. Akan bernilai pahala yang luar biasa bila bacaan kita indah disertai oleh bacaannya yang tepat dengan ucapan hurufnya yang tepat pula," ujar Ustadz Saharudin.

Sementara itu Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT menyebutkan, Jumat Pagi Mengaji dirasa sangat penting  diterapkan bagi pejabat dan pegawai di lingkingan pemerintah Kota Pekanbaru untuk  peningkatan amal serta  peningkata penghatatan serta pengamalab Alquran sehingga  penyelenggara pemerintah akan selalu merasa dekat dengan  Alquran sebagai pedoman hidup bagi kita umat muslim.

"Kita harus wajib mencintai Alquran, cinta belajar Alquran, cinta membaca Alquran, cinta memahami kandungan Alquran, cinta menghatai Alquran,  sehingga kita menjadi orang yang mencintai untuk mengamalkan isi dan maksud dari kandungan Alquran yang sebenar-benarnya adalah pedoman hidup kita umat manusia," pungkasnya. (Dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index