Pembagian Bibit Sawit untuk Penguatan Ketahanan Pangan di Desa Lebuh Lurus

Pembagian Bibit Sawit untuk Penguatan Ketahanan Pangan di Desa Lebuh Lurus
Pembagian Bibit Sawit

Riauaktual.com - Pemerintah Desa Lebuh Lurus, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi, telah mendistribusikan 13.450 kecambah bibit sawit kepada 269 kepala keluarga di desa tersebut. Acara pembagian bibit ini berlangsung di kantor desa setempat pada Jumat, 31 Mei 2024.

Hadir dalam acara tersebut Bhabinkamtibmas Briptu Darwin, Kepala Desa Lebuh Lurus Rusdiman, Sekretaris Desa Khasman beserta perangkat desa, Ketua BPD beserta anggota, pendamping desa Yusrialis, serta masyarakat setempat.

Kepala Desa Lebuh Lurus, Rusdiman, menjelaskan bahwa bantuan kecambah bibit sawit ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang didanai oleh dana desa. Program ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dalam memaksimalkan pemanfaatan lahan perkebunan, mengingat sawit adalah komoditas unggulan perekonomian masyarakat setempat.

“Tahun 2024 ini kita sudah memberikan bantuan 13.450 kecambah bibit sawit kepada masyarakat melalui program ketahanan pangan menggunakan anggaran dana desa. Rata-rata tiap kepala keluarga mendapat 50 butir kecambah bibit sawit serta polybag ukuran 30x35 cm. Kecambah ini langsung kita beli dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan,” ujar Rusdiman.

Pengadaan bantuan bibit sawit ini merupakan salah satu visi dan misi pemerintah desa Lebuh Lurus yang telah berhasil direalisasikan. Rusdiman berharap bantuan ini akan bermanfaat bagi masyarakat setempat dan menegaskan agar kecambah bibit sawit tidak dijual.

“Dua tahun mendatang kami akan tinjau kembali perkembangannya. Jika kedapatan ada yang menjual bantuan ini, mohon maaf jika ada bantuan lain ke depannya, pemdes tidak akan membagikan kepada masyarakat yang menjual bantuan ini,” tegas Rusdiman.

Program ini merupakan bagian dari visi dan misi yang dijanjikan Rusdiman saat kampanye Pilkades. Dengan adanya program ketahanan pangan, desa memiliki ruang untuk menjalankan visi dan misi tersebut, yang kini telah terwujud.

Rusdiman menyebutkan bahwa 85% warganya telah memiliki lahan perkebunan sawit pribadi. Program bantuan bibit sawit ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan komoditi sawit di desa Lebuh Lurus.

“Dengan program ini, warga semakin termotivasi. Tahun 2024 ini kita berharap agar masyarakat tetap memanfaatkan lahan tidur miliknya dan menanami sawit yang kita bagikan ini,” ujar Rusdiman yang mendapat penambahan masa jabatan sesuai UU Desa terbaru.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen Pemerintah Desa Lebuh Lurus dalam mendukung ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat melalui pengembangan sektor perkebunan sawit.

#Kuansing

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index