Baru Dua Desa di Kecamatan Inuman Kuantan Singingi yang Realisasi BLT DD Tahun 2024

Baru Dua Desa di Kecamatan Inuman Kuantan Singingi yang Realisasi BLT DD Tahun 2024
Perealisasian BLT DD Tahun 2024

Riauaktual.com - Hingga saat ini, dari 14 desa yang berada di Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, hanya dua desa yang telah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahap pertama tahun 2024.

Desa Ketaping Jaya menjadi desa pertama yang merealisasikan BLT DD tahun 2024, diikuti oleh Desa Lebuh Lurus.

Kepala Desa Lebuh Lurus, Rusdiman, mengonfirmasi bahwa desanya telah menyalurkan BLT DD tahap pertama pada tanggal 10 Mei 2024.

BLT tersebut merupakan bantuan untuk bulan Januari, Februari, dan Maret, dengan total 25 keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap KPM menerima sebesar Rp. 900.000, dengan pembayaran bulanan sebesar Rp. 300.000.

Rusdiman berharap bantuan ini dapat meringankan beban keluarga penerima dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Selain BLT DD, Desa Lebuh Lurus juga berencana untuk menyalurkan bantuan ketahanan pangan berupa kecambah sawit kepada setiap kepala keluarga.

Namun demikian, dari sisi Kecamatan Inuman, hanya dua desa yang telah menyalurkan BLT DD.

Camat Inuman, Zamri, S.Pd, menjelaskan bahwa baru dua desa yang berhasil mencairkan dana desa tahap pertama sebesar 40%, yaitu Desa Ketaping Jaya dan Desa Lebuh Lurus.

Meskipun rekomendasi telah diberikan oleh pihak kecamatan terkait permohonan pencairan dana desa dan anggaran lainnya, proses tersebut masih berada di tangan Pemerintah Daerah.

Zamri berharap agar 12 desa lainnya segera dapat mencairkan dana desa mereka agar kegiatan yang telah direncanakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dapat segera dimulai, termasuk penyaluran BLT dan program-program lainnya.

"Sampai saat ini hanya desa Ketaping Jaya dan Lebuh Lurus yang telah menyalurkan BLT DD tahap pertama. Kami berharap agar proses penyaluran dana desa di desa-desa lainnya dapat segera terealisasi, sehingga program-program pembangunan dapat segera dilaksanakan untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Zamri.

#Kuansing

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index