Sudah Buka Puasa Tapi Perut Selalu Terasa Lapar? Ternyata Ini Penyebabnya

Sudah Buka Puasa Tapi Perut Selalu Terasa Lapar? Ternyata Ini Penyebabnya
Sudah buka puasa tapi perut terasa lapar? (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Momen buka puasa tentunya paling dinantikan banyak orang. Sebab masyarakat sudah merasa lapar dan haus usai berpuasa seharian.

Akan tetapi, pada sebagian orang mungkin pernah merasakan rasa lapar yang berlebih padahal sudah makan dalam jumlah banyak. Lantas mengapa demikian?

Menurut Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus menjelaskan biasanya kondisi ini disebut dengan postprandial hiperglikemi, yang dimana kondisi tubuh memiliki konsentrasi gula atau glukosa dalam darah lebih banyak sehingga melebihi batas normal.

“Jadi ini tuh bisa aja ngalamin yang namanya postprandial hiperglikemi, jadi ini tuh kondisi banyaknya konsentrasi gula atau glukosa dalam darah setelah kita tuh makan melebihi batas normal. Jadi seseorang itu dikatakan postprandial hiperglikemi ketika kadar gula dalam darahnya lebih dari 7.8 mmol/L dalam 1-2 jam setelah makan,” kata dr Nadia, dikutip dari akun TikToknya @nadialaydrus, Minggu (24/3/2024).

Dokter Nadia menyarankan agar berbuka puasa menyantap makanan secara perlahan atau sesuai urutan yang sesuai. Karena menurut studi “Food intake sequence modulates postprandial glycemia” ada makanan yang disarankan untuk konsumsi berurutan pada tubuh manusia.

“Nih studi 'Food intake sequence modulates postprandial glycemia' yang membuktikan ternyata konsumsi sayur lebih dulu dalam keadaan perut kosong kemudian baru diikuti dengan protein, lemak, dan juga karbohidrat yang simple misalnya seperti nasi atau pasta dapat menyebabkan Postpradinal Glikemik yang cenderung lebih rendah atau flat dibandingkan mengkonsumsi karbohidrat di awal,” ucap dr Nadia.

Karena karbohidrat lebih mudah diserap oleh tubuh, maka akan banyak gula ataupun glukosa yang beredar dalam tubuh dalam waktu cepat. Sedangkan makanan seperti sayur, serat, dan protein akan lebih lama diserap oleh tubuh.

Makanya, kadar gula itu akan lebih stabil setelah seseorang itu makan. Bahkan dr Nadia menyebut kondisi itu bisa menyebabkan seseorang tidak mudah merasa lemah ataupun mengantuk.

“Cobain deh karena nggak cuma bikin kenyang itu lebih lama juga nggak gampang lemes ataupun ngantuk,” tuturnya.

 

 

Sumber: Okezone.com


 

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index