Masuki Musim Penghujan, Masyarakat Pekanbaru Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem

Masuki Musim Penghujan, Masyarakat Pekanbaru Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem
Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra

Riauaktual.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, ingatkan masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi saat ini. Apalagi hasil koordinasi BPBD Kota Pekanbaru dengan BMKG bahwa Pekanbaru sudah memasuki musim hujan.

"Kami imbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman cuaca ekstrem, sekarang sudah memasuki musim penghujan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Selasa (24/10).

Ia menuturkan, bahwa curah hujan memang masih fluktuatif terjadi saat ini. Namun, potensi angin kencang sudah terlihat pada akhir pekan kemarin.

Hujan deras dan angin kencang pada akhir pekan kemarin menyebabkan dua pohon tumbang. Kedua pohon tersebut tumbang di Jalan Jendral Sudirman.

Salah satu pohon tumbang di depan Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru. Sedangkan satu pohon lagi tumbang di dekat Pasar Buah Pekanbaru.

Pihaknya pun melakukan koordinasi dengan dengan dinas terkait. Ia menyebut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru bisa memangkas pohon yang sudah tua.

"Mereka bisa potong cabang atau rantingnya, sehingga perlu dirapikan agar tidak patah sewaktu terjadi angin kencang," terang Zarman.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat Pekanbaru yang bermukim di daerah rawan banjir untuk tetap melakukan kesiapsiagaan. Apalagi masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

Mereka bisa mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih aman agar tidak tergenang saat banjir. 

#Lingkungan #Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index