Jelang Ramadhan Penumpang di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Diprediksi Meningkat

Jelang Ramadhan Penumpang di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Diprediksi Meningkat
Pelabuhan sungai duku

Riauaktual.com - Pihak Sahbandar Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru memprediksi jelang memasuki bulan suci Ramadhan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 20 persen dibandingkan dengan hari biasa. 

Kenaikan jumlah penumpang itu diperkirakan karena akan ada acara keagamaan yaitu sembahyang kubur bagi orang China dan ziarah kubur jelang memasuki bulan Ramadan bagi umat Islam. 

"Kenaikan penumpang disebabkan karena orang cina yang berdomisili di Pekanbaru akan banyak balik kampung ke selat panjang acara sembahyang kubur," ujar petugas Pelabuhan Sungai Duku  Fiktori, Kamis (9/3/2023). 

Fiktori mengatakan, meskipun diprediksi terjadi lonjakan, namun untuk harga tiket tetap normal. 

"Untuk harga tiket speedboat Meranti Jaya Ekspress dan Naga Line harganya Rp 235 ribu perorang dan untuk kapal KM Jelatik Rp 162 ribu perorang. Kalau sekarang aktivitas penumpang masih normal, belum terjadi peningkatan penumpang di Pelabuhan Sungai Duku,"jelasnya.

Lalu, dikakatakan dia, speedboat dan kapal yang beroperasi di Pelabuhan Sei Duku itu tetap 3 armada di antaranya Kapal KM Jelatik, speedboat Naga Line dan Meranti Jaya Ekspress dengan keberangkatan sehari tiga kali. Sementara, speedboat Meranti Jaya Ekspress dan Naga Line berangkat setiap hari. KM Jelatik tetap seminggu tiga kali yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu. 

Sementara itu, Ahmad salah seorang penumpang mengatakan, menjelang bulan suci ramadhan, dirinya sengaja pulang ke kampung halamannya di Selat Panjang menggunakan KM Jelatik mau pun speedboat. Pasalnya, selain melakukan ziarah kubur juga ingin hari pertama bulan Ramadhan bisa berkumpul bersama keluarga. 

"Iya, kami memang setiap tahunnya jelang memasuki bulan Ramadan itu ngumpul dan berziarah kubur bersama -sama dengan keluarga. Dan bisa berkumpul bersama keluarga hari pertama berpuasa. Setelah itu nanti balik lagi ke Pekanbaru untuk bekerja. Nanti libur idul Fitri pulang kampung lagi," ujar Ahmad.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index