Harga sawit Anjlok Kesejahteraan Petani Riau Menurun 0,06 persen

Harga sawit Anjlok Kesejahteraan Petani Riau Menurun 0,06 persen

RIAU (RA)- Anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit sebulan terakhir ini di provinsi Riau. Dilanjutkan dengan menurunnya pendapatan nelayan pasca badai, tingkat kesejahteraan petani atau biasa di sebut Nilai Tukar Petani (NTP)di Riau pada bulan Mei 2012 menurun 0,06 persen.       

Data Badan Pusat statistik (BPS) Riau menyatakan, pada bulan Mei 2012 NTP petani di Provinsi Riau mencapai 104,75.Nilai ini jika di bandingkan dengan NTP bulan April yang mencapai 105,38 mengalami penurunan 0,06 persen. Demikian hal ini dikatakan oleh Kepala BPS Riau Mawardi Arsyad, Jum'at (1/6).      

Katanya, penurunan kesejahteraan petani ini di karenakan indeks harga yang di terima petani mengalami penurunan dibandingkan dengan indeks yang harus di bayarkan petani. "Ada penurunan indeks harga yang di terima petani sebesar 0,48 persen, sementara indeks harga yang di bayarkan petani naik sebesar 0,12 persen," urainya.       

Dengan demikian lanjutnya rata-rata kesejahteraan petani turun terutama petani yang bergerak di bidang perkbunan dan nelayan, sementara yang bergreak di b idang pangan naik tipis, dan dan peternakan impas. "Data Mei mencatat NTP tanaman pangan nilainya 114,25 ,NTP holtikultura nilainya 118,09 NTP peternakan dan NTP perkebunan  sama yakni 101,12 dan NTP nelayan nilainya 89,81 persen," tandasnya.(RA)

Berita Lainnya

View All