Tinjau Lokasi Banjir, Pj Walikota Pekanbaru Sebut Bakal Maksimalkan Normalisasi Sungai dan Drainase

Tinjau Lokasi Banjir, Pj Walikota Pekanbaru Sebut Bakal Maksimalkan Normalisasi Sungai dan Drainase
Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, meninjau beberapa lokasi banjir

Riauaktual.com - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, meninjau beberapa lokasi banjir yang berada di pemukiman warga, Kamis (6/10/2022). Salah satu tinjauan di Jalan Gunung Raya, Rejosari, Kecamatan Sail.

Dilokasi tersebut Muflihun melihat langsung pemukiman warga yang direndam banjir. Muflihun turut didampingi Kepala Dinas PUPR Indra Pomi dan beberapa pejabat lainnya. Banjir terjadi karena luapan Sungai Sail dan ada puluhan Kepala Keluarga (KK) yang terdampak di lokasi tersebut.

"Ini bencana, namun demikian karena hujan dua hari yang lalu kita monitor ke lapangan semua sungai itu melimpah. Artinya kita jangan langsung vonis karena drainase tersumbat, Dinas PUPR gak kerja, tapi ini memang alam," ujar Muflihun.

Menurutnya, kejadian ini memang bencana karena Sungai Siak yang terdalam di Kota Pekanbaru juga melimpah airnya. Kondisi ini membuat sejumlah sungai di Pekanbaru juga penuh.

Namun demikian, dikatakan Muflihun pemerintah kota tetap berupaya untuk melakukan upaya pencegahan. Melalui Dinas PUPR normalisasi sungai, dan drainase tetap dilakukan hingga saat ini.

"Tetap (normalisasi) sejak saya dilantik kemarin, saya programkan terus dilakukan normalisasi. Tiap hari dilakukan normalisasi sungai dan drainase," terangnya.

Bahkan pada APBD-P tahun 2022, dikatakan Muflihun pihaknya menganggarkan pembelian alat berat mini. Alat berat ini digunakan untuk melakukan pengerukan drainase dalam upaya mendukung normalisasi.

"Alat ini untuk mengeruk drainase kecil. Hari ini alat kita tidak semua bisa masuk ke parit-parit kecil. Itu bukti keseriusan pemerintah untuk membersihkan parit-parit di Pekanbaru," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index