Yuk Manfaatkan Penghapusan Denda Pajak Daerah hingga Akhir Tahun

Yuk Manfaatkan Penghapusan Denda Pajak Daerah hingga Akhir Tahun

GALERI

Riauaktual.com - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru memperpanjang program stimulus berupa penghapusan denda Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk buku 1, 2 dan 3 hingga 31 Desember 2022 mendatang. Masyarakat diimbau agar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

"Perpanjangan stimulus PBB untuk buku 1, 2 dan 3 masih terus berjalan termasuk penghapusan denda seluruh pajak. Karena itu masyarakat kami minta untuk segera memanfaatkan kesempatan itu,"  ujar Kepala Bapenda Kota Pekanbaru H Zulhelmi Arifin SSTP MSi,  Kamis (22/9).

Dia menjelaskan, ini merupakan kebijakan Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Pekanbaru Muflihun SSTP MAP untuk memberikan keringanan pada masyarakat. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga sudah menawarkan berbagai insentif pajak daerah berupa pembebasan denda keterlambatan pajak daerah. Insentif ini sudah diberikan sejak pandemi Covid-19 mulai melanda di Kota Pekanbaru.

Insentif tersebut berlaku untuk jenis pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan non-PLN, mineral bukan logam dan batuan dan pajak parkir. Selanjutnya pajak air tanah, sarang burung walet, PBB, serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). "Masyarakat juga kami minta untuk memanfaatkan diskon 50 persen BPHTB untuk peningkatan hak pertama kali dari SKGR ke Sertifikat hak milik (SHM). Segera daftarkan tanahnya untuk pembuatan sertifikat," jelasnya.

Ami begitu Kabapenda Kota Pekanbaru akrab disapa memaparkan, khusus insentif diskon tagihan PBB, besaran diskon diberikan bervariasi. Pada wajib pajak yang masuk kategori buku 1 atau nilai PBB Rp100.000 ke bawah, akan diberi pengurangan 100 persen dari PBB.

Kemudian, pada wajib pajak buku 2 atau nilai PBB Rp100.000 hingga Rp500.000, diberi diskon 50 persen. Adapun pada wajib pajak dengan nilai PBB Rp500.000 hingga Rp2.000.000 atau buku 3, diberi diskon 25 persen, Rp2.000.000 sampai Rp5.000.000 atau buku IV diskon 20 persen dan diatas Rp5.000.000 atau buku V diberikan diskon 15 persen. "Warga dapat menikmati insentif pajak itu ketika membayar," imbuhnya.

Dalam memberi kemudahan kepada masyarakat Bapenda Kota Pekanbaru memberikan kemudahan untuk membayar pajak. Karena terdapat beberapa lokasi dan cara pembayaran disediakan dibanyak tempat dan beragam. Selain di kantor Bapenda Pekanbaru Jalan Teratai, pembayaran pajak daerah juga dapat dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru Jalan Sudirman.

Kemudian, masyarakat yang ingin membayar pajak juga dapat mendatangi UPT Bapenda Pekanbaru yang ada. Yakni, UPT I Pekanbaru Kota di Kantor Camat Pekanbaru Kota. UPT II di Rumbai Jalan Sekolah. UPT III di Kantor Camat Marpoyan Damai. UPT IV di Jalan Tuanku Tambusai Ujung dan UPT V di Kantor Camat Bina Widya.

"Masyarakat juga dapat membayar secara online, layanan Bapenda telah tersedia di beberapa aplikasi seperti Gojek, Linkaja, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia," urai Kabapenda
 

Berita Lainnya

index