Dinas Pariwisata Riau Bikin Pesta Durian 8.000 Buah dalam Iven Kenduri

Dinas Pariwisata Riau Bikin Pesta Durian 8.000 Buah dalam Iven Kenduri

Riauaktual.com - Dinas Pariwisata Provinsi Riau menggelar pesta durian sebanyak 8.000 buah saat iven Kenduri Riau 2022. Agenda pariwisata nasional yang telah masuk dalam 100 Kalender Events Nusantara Kemenparekaf itu digelar mulai 29 September sampai 2 Oktober 2022.

"Dalam Kenduri Riau kali ini ada pesta durian. Dengan harga Rp15.000 per buah, warga Riau bisa menikmati durian varietas lokal premium. Stoknya ada 8.000 buah durian," ujar Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat kepada Riauaktual.com, Kamis (29/9).

Roni menyebutkan, kenduri tersebut bertema "Hela Muara - Takkan putus air dicincang" itu diadakan di Komplek Bandar Serai, Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Riau, mulai 29 September - 2 Oktober 2022.

"Kenduri Riau ini sudah dimulai dengan bazar hari ini. Namun, openingnya akan dilakukan besok pada 30 September 2022. Nanti pak Gubernur Riau Syamsuar langsung yang akan membuka iven ini," ucap Roni.

Adapun rangkaian acara yang akan tersaji dalam Kenduri Riau ini di antaranya Live Performance Lokal, Art Exhibition, Creative Showcase, Gathering Community, Art Local Competition, Instalation Art, Talkshow dan Pemilihan Bujang Dara Riau 2022.

Selain itu, ada juga perlombaaan nasyid yang diikuti 18 grup se Riau, mereka masuk final setelah menyisihkan 80 grup. Kemudian, lomba kompang kreasi diikuti 8 grub yang mayoritas dari pesisir.

Lalu, ada berbagai atraksi musik seperti orkes Melayu, festival band anak sekolah, lomba mural yang diikuti sekitar 36 peserta se Riau, komunitas reptil dan pemutaran film pendek karya anak Riau.

Ratusan pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif turut hadir meramaikan kegiatan tersebut. Sedikitnya ada 62 booth (tempat) gratis untuk pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dan komunitas. 

"Kami telah menyiapkan 62 booth untuk komunitas dan pelaku ekraf yang terdiri dari pelaku fesyen, seni rupa, aplikasi, desain produk, komunitas pecinta hewan dan hobi lainnya," jelasnya.

Roni menyampaikan, sebanyak 200 pelaku ekonomi kreatif dan komunitas telah mendaftar untuk berpartisipasi pada iven tersebut. Namun, setelah melalui proses kurasi akhirnya pihak kurator memutuskan hanya ada 62 yang bisa diikutsertakan. 

Roni mengatakan, berbagai perlombaan juga digelar pada events ini, di antaranya lomba mural, nasyid, kompang, lomba tari, lomba masak, festival band dan ditutup dengan acara malam puncak pemilihan Bujang Dara Riau 2022.

Selain itu, kata Roni, pada hari ke-4 Kenduri Riau 2022 juga akan menampilkan 11 film pendek karya sineas muda Riau. 

"Pada iven Kenduri Riau tahun ini akan menampilkan 11 film pendek karya sineas Riau. Selain itu ada 27 penampilan seni pertunjukan lainnya. Iven ini akan dibuka," ujar Roni. 

Opening Kenduri Riau ini juga akan dihadiri oleh Deputi Pemasaran Kemenpar, Staf Ahli Menteri Kemenpar, Menteri Pariwisata Melaka, Kadispar DKI, Kadispar Banten dan sejumlah tamu penting lainnya.

Berita Lainnya

index