9 Ruas Jalan Nasional Di Pekanbaru Rusak Berat

9 Ruas Jalan Nasional Di Pekanbaru Rusak Berat
(int)

NASIONAL (RA)- Saat ini kondisi 13 jalan Nasional di kota Pekanbaru mengalami kerusakan berat, dan perlu segera di lakukan perbaikan. Hal ini untuk antispasi lebaran dan mensukseskan pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke XVIII di kota Riau.

Untuk itu pemko Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Pekanbaru menyurati Kepala Balai Besar pelaksanaan Jalan dan Jembatan II Di Padang untuk melaporkan kerusakan.

"Hasil survey PU kota dari 13 ruas jalan Nasional yang ada di Pekanbaru sebanyak 11 ruas dalam kedaan rusak sisanya hanya 4 ruas yang masih bagus, antaranya  Jalan Siak II," ujar kepala Dinas PU Kota Pekanbaru Azmi.

Azmi menjelaskan secara rinci jalan-jalan yang membutuhkan penanganan cepat tersebut adalah, Jalan Sudirman dari panjang 7,73 kilometer yang rusak ada 2,5 -3,5 kilometer. Jalan Harapan Raya, HR.soebrantas dari panjang 7,25 kilometer yang rusak ada  5,3 km, jalan Tambusai dari 8 km yang rusak 1,5 Km- 2 km, Ahmad Yani, Masjid Raya, Soekarno Hatta dari panjang 15,7 yang rusak 3,5 km, Jalan Riau Ujung dari panjang 15,8 yang rusak 11 Km.

"Jalan yang rusak ini di harapkan oleh pemko Pekanbaru nantinya akan segera di perbaiki oleh Balai besar pelaksanaan jalan perwakilan II Padang di Riau karena ini jalan Nasional," ujarnya.

Azmi juga menyebutkan, Pemko Pekanbaru hanya bersifat melaporkan saja sementara yang memperbaiki nantinya satkernya di provinsi Riau dengan dana APBN APBD provinsi.

Ia juga menambahkan selain itu juga ruas jalan lainnya yang kini juga mengalami kerusakan yang penanganannya  bersifat penambalan seperti jalan Provinsi. Antaranya yang mendesak ada 3 ruas jalan. Yakni untuk jalan SM Amin dari panjang 5,5 kilometer yang rusak ada 2,5 km, Jalan Arifin Ahmad dari panjang 4,5 km yang rusak  1,75 km, Jalan Hang tuah dari panjang 9,2 Km yang rusak 6,2 Km .

"Titik rusaknya sudah di data oleh PU kota dan di lampirkan dengan jelas untuk segera di laporkan ke pemerintah Provinsi melalui PU provinsi," tandasnya.

Diucapkan Azmi, untuk semua jalan ini di perlukan penanganan segera, disamping beberapa hal tersebut juga berguna dalam hal kelancaran arus mudik dan arus balik idul Fitri yang tinggal beberapa pekan kedepan.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index