Pelunasan Haji Mencapai Rp32 juta

Pelunasan Haji Mencapai Rp32 juta
(int)

RIAU (RA)- Peningkatan biaya haji tahun ini tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. sekitar Rp1 juta rupiah peningkatan yang dikenakan untuk biaya keberangkatan haji tahun 1432 Hijriah atau US 3.468 dolor atau berkisar Rp32 juta.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Provinsi Riau, Tarmizi Tohor, saat ditemui di kantor Gubernur Riau, Rabu (25/7). Disebutkan Tarmizi, nilai ini dihitung sesuai dengan kur dolor.

''Untuk pelunasan sendiri saat ini sudah ditetapkan US 3:468 atau berkisar Rp 32 juta, dari tahun yang lalu kenaikannya tidak mencapai Rp 1 juta. Angka ini sesuai dengan kurs dolor, jadi kita harap menjelang pelunasan nanti kurs dolar menurun," ungkapnya.

Dikatakan Tarmizi, untuk pelunasan biaya haji, pihaknya masih menunggu surat dari Menteri Agama. Akan tetapi (JCH) sudah bisa mempersiapkan dana tersebut.

''Kita harapkan paling lambat pelunasan itu Agustus, biasanya pelunasan awal itu satu bulan setelah itu untuk tahap
kedua diperpanjang sebulan lagi terutama untuk yang sudah membayar sebagian sebelumnya," tuturnya lagi.

Sementara itu, terkait adanya beberapa jemaah calon haji yang batal berangkat dengan berbagai alasan seperti sakit atau meninggal dunia tidak merubah kuota yang disediakan. Seperti yang diketahui bahwa kuota yang disediakan tetap sebanyak 5.010, namun yang batal dan mengundurkan diri belum dapat dipastikan berapa jumlah pastinya.(RA2)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index