Fadli Zon: Tengku Zulkarnain Ulama Cerdas dan Kritis

Fadli Zon: Tengku Zulkarnain Ulama Cerdas dan Kritis

Riauaktual.com - Mantan Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengenang Ustaz Tengku Zulkarnain sebagai sosok ulama yang sangat mencintai Indonesia dan agamanya. Almarhum dinilai memiliki pribadi yang hangat dan berani menyampaikan pendapatnya secara apa adanya

"Saya melihat beliau adalah seorang sosok ulama yang cerdas, kritis dan mempunyai visi kebudayaan. Karena beliau sendiri berawal seorang seniman yang kemudian merasa terpanggil menjadi dai," ujar Fadli dikutip dari Republika.co.id, Selasa (11/5).

Awal perkenalan Fadli dengan Tengku Zulkarnain terjadi pada 1996. Ia bertemu dengan almarhum ketika baru merintis sebagai ulama di Jakarta dan belum terkenal seperti sekarang.

"Saya bertemu berkali kali di berbagai tempat dengan Ustaz Tengku ini. Kemudian punya pribadi yang hangat, kemudian saya kira Ustaz Tengku ini orangnya berani menyampaikan apa adanya," ujar Fadli.

Di samping itu, Fadli menilai Tengku Zulkarnain adalah sosok yang saat ini tengah berusaha menghapus Islamphobia di Indonesia. Menurutnya, itulah bukti kecintaannya terhadap Islam dan Indonesia.

"Kecintaannya kepada agama dan berusaha belakangan ini juga berusaha menghapus Islamphobia. Jangan ada fobia terhadap Islam, itu yang saya kenang Ustaz Tengku," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu.

Sebelumnya, Ustaz Tengku Zulkarnain wafat saat dalam perawatan Covid-19 di RS Tabrani di Kota Pekanbaru, Senin petang.

Direktur Corporate Communication RS Tabrani, Ian Machyar, membenarkan bahwa Ustaz Zulkarnain wafat karena terpapar virus SARS-CoV-2. "Benar, Ustaz (Zulkarnain) sudah meninggal dunia. Baru saja 1 menit setelah selesai azan Magrib," kata Ian Machyar kepada wartawan di Pekanbaru.

Dia mengatakan bahwa Ustaz Zulkarnain kondisinya memburuk sehingga harus mendapatkan perawatan dengan ventilator di ruang ICU RS Tabrani. Namun, kondisinya tidak bisa diselamatkan. Menurut dia, Ustaz Zulkarnain dirawat setelah terkonfirmasi Covid-19 sejak 2 Mei.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index