Kepala DKP Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan.

DKP Pekanbaru Siapkan Masterplan Ketahanan Pangan

Selasa, 14 Juli 2020 - 17:06:52 WIB Di Baca : 374 Kali


Riauaktual.com - Petakan sentra produksi pangan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru tengah menyiapkan masterplan ketahanan pangan.

Menurut Kepala DKP Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan kepada wartawan, Selasa (14/7/2020), kedepan dapat diketahui lokasi mana saja di Pekanbaru yang menjadi pusat produksi pangan untuk Kota Pekanbaru.

"Sekarang kita sedang menyiapkan masterplan ketahanan pangan untuk Kota Pekanbaru. Jadi nanti akan terpetakan di mana sentra dan Klaster produksi pangannya," ungkap Alek Kurniawan.

Saat ini disampaikan Alek Kurniawan, masih banyak lahan kosong di Kota Pekanbaru yang dapat dimanfaatkan untuk peternakan, perkebunan, serta perikanan, seperti di Kecamatan Tenayan Raya dan Kecamatan Rumbai.

"Nantikan mungkin ada industri kecil menengah (IKM) ini kita petakan. Nantikan kalau misalnya daerah itu produksi ubi pertaniannya, nanti diolah disitu. Kita berharap seperti di daerah Sumatera Barat," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan mantan Sekwan DPRD Kota Pekanbaru ini, ia mencontohkan Sumatera Barat.

Sebelum memasuki wilaya Bukit Tinggi, dikatakan Alek Kurniawan, ada sentra jagung. Di sana berbagai olahan jagung diproduksi sampai beberapa turunan, misalnya perkedel, jagung rebus, bubur dan lainnya. 

"Jadi dari masterplan ini kita harapkan ada data yang menunjang ketahanan pangan di mana sentra produksi, pengolahan, dan di mana daerah-daerah distribusinya. Insya Allah ketahanan pangan itu bisa tersedia untuk kita," ucapnya. (Fir)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com