Juventus vs Inter Milan digelar tanpa penonton sebelum Serie A ditunda, Maret lalu. (BBC)

Serie A Bergulir Kembali 20 Juni, Coppa Italia Lebih Cepat

Jumat, 29 Mei 2020 - 08:40:11 WIB Di Baca : 295 Kali


Riauaktual.com - Federasi sepakbola Italia (FIGC) baru saja mengumumkan bahwa kompetisi kasta tertinggi di Negeri Pizza itu, Serie A akan dilanjutkan kembali pada 20 Juni mendatang. Sementara Semifinal Coppa Italia akan dimainkan sepekan sebelumnya, 13 Juni.

Sejak pecahnya wabah corona di Italia, sepakbola domestik ditunda sejak kemenangan 3-0 Sassuolo atas Brescia di Serie A pada 9 Maret.

Namun, dengan tingkat infeksi terus menurun dan protokol ketat diberlakukan, telah tercapai kesepakatan untuk memulai kembali kompetisi, dikutip dari Football Italia.

Dalam pertemuan virtual FIGC dan operator Lega Serie A pada hari Kamis (28/5/2020), menteri olahraga Italia Vincenzo Spadadora mengkonfirmasi bahwa sepakbola dapat dimulai kembali bulan depan.

Pemerintah Italia sebenarnya melarang semua acara olahraga profesional hingga 14 Juni, tapi Spadafora meminta dispensasi kepada perdana menteri Italia, Giuseppe Conte untuk memungkinkan sepak bola dimulai kembali pada Sabtu 13 Juni.

Artinya, leg kedua dari Semifinal Coppa Italia bisa dimainkan pada 13 Juni, dan pertandingan liga akan dimulai seminggu kemudian.

Ketika Serie A kembali bergulir 20 Juni nanti, langsung menyajikan empat pertandingan tunda pekan 25. Sehingga memungkinkan semua 20 tim Serie A memenuhi 26 pertandingan masing-masing.

Empat pertandingan itu antara lain Atalanta vs Sassuolo, Hellas Verona vs Cagliari, Inter vs Sampdoria dan Torino vs Parma memulai pertandingan.

Setelah itu, Serie A untuk melanjutkan pertandingan seperti biasa pada pekan ke-27.

Protokol FIGC telah diratifikasi oleh CTS (komite teknis ilmiah) dan akan melihat maksimal 300 orang selama pertandingan, sementara pemain tim tuan rumah akan tiba di stadion lebih cepat.

Tim tandang akan melakukan perjalanan dengan hanya membawa beberapa staf pelatih.

Sementara itu, aturan karantina akan tetap berlaku yang akan memaksa tim berlatih dalam kelompok isolasi selama 14 hari seandainya ditemukan satu kasus positif dalam skuad atau staf pelatih.

Juventus saat ini memimpin klasemen sementara Serie A dengan unggul satu poin dari Lazio di posisi kedua.

Di Coppa Italia, Napoli mengalahkan Inter 1-0, sementara Juventus dan AC Milan bermain imbang 1-1 di leg pertama.

 

 





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com