Ilustrasi (net)

Breaking News: Pasien Positif Corona di Riau Bertambah Satu

Ahad, 29 Maret 2020 - 18:38:23 WIB Di Baca : 7167 Kali

Riauaktual.com - Setelah sebelumnya dikabarkan bahwa satu pasien positif Corona telah sembuh, kini Pempov Riau kembali menyatakan bahwa terdapat penambahan kembali 1 pasien yang terjangkit virus mematikan itu di Riau.

Hal itu, dibenarkan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar didampingi Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr. Indra Yovi. Dimana pasien yang diketahui berinisial AH itu setakat ini tengah menjalani perawatan di RSUD Arifin Ahcmad Pekanbaru.

"Iya benar, ada penambahan kasus positif Corona," kata Gubri Syamsuar di Gedung Daerah Balai Serindit, Minggu (29/03).

Loading...

Dijelaskan Gubri, tidak berbeda dengan pasien sebelumnya yakni M, AH yang berusia 42 tahun itu juga sebelumnya mengikuti kegiatan tabligh Akbar di Negeri Jiran Malaysia.  Dimana sejak pulang dari kegiatan itu, AH jatuh sakit dengan menunjukkan gejala terjangkit Covid-19 yang lantas dilakukan observasi oleh petugas medis.

"Keduanya mengikuti kegiatan Tablig Akbar di Sri Petaling, Kuala Lumpur, Malaysia, pada akhir Februari yang lalu," terangnya.

Untuk itu, Ia meminta kepada masyarakat Riau yang mengikuti kegiatan Tabligh Akbar di Sri Petaling, Kuala Lumpur, Malaysia dan memiliki gejala covid-19 untuk dapat menghubungi call center 0761- 23810. Untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kita menghimbau agar masyarakat, tetap tenang dan jangan panik, lakukan pembatasan fisik (physical distancing), tetap di rumah dan hindari keramaian, rutin mencuci tangan dengan sabun, jaga pola hidup sehat, tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya," harapnya.

Untuk diketahui, dari situs resmi Pemprov Riau Corona.riau.go.id  memaparkan terdapat sekitar 7.114 orang masuk dalam daftar ODP hingga saat ini.

Dalam situs itu diterangkan pula bahwa 97 orang dinyatakan telah selesai dilakukan pemantauan. Sehingga jumlah ODP saat ini mencapai 7.017 orang. Jumlah itu tersebar di 12 kabupaten dan kota yang ada di Bumi Lancang Kuning.

Seperti wilayah Bengkalis tercatat 1796 orang masuk dalam daftar ODP dan PDP sebanyak 10 orang. Kemudian Kampar ada 1588 orang ODP dan 7 orang PDP.

Selanjutnya, wilayah Rokan Hilir ada sebanyak 894 orang ODP dan belum ada yang PDP. Untuk wilayah Rokan Hulu tercatat ada 906 orang ODP dan 3 orang PDP. Pekanbaru tercatat ada 422 ODP dan 46 PDP, Indragiri Hilir ODP sebanyak 130 dan 4 orang PDP, Indragiri Hulu ODP 325 dan 1 PDP, Dumai 171 ODP dan 10 PDP, Siak 318 ODP dan 3 PDP.

Sedangkan wilayah Kepulauan Meranti tercatat ada 152 ODP dan 2 orang PDP, Kuantan Singingi 217 ODP dan 1 PDP, terakhir wilayah Pelalawan tercatat ada 195 ODP dan 6 PDP.

Dengan data itu maka total PDP sebanyak 71 orang dan menjalani observasi di sejumlah rumah sakit rujukan. Sedangkan 25 orang telah diperbolehkan pulang lantaran hasil pemeriksaan menunjukkan negatif terjangkit virus yang mewabah di Wuhan, China itu. (San)




Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com