Ramuan Nenek Turun Temurun yang Terbukti Ampuh Melawan Virus

Ramuan Nenek Turun Temurun yang Terbukti Ampuh Melawan Virus
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Di tengah kebingunan untuk mengobati virus corona, Lalit Raizada teringat kebiasaan masa kecil. Dia selalu dipaksa menelan ramuan setiap menjelang tidur.

Lalit Raizada adalah seorang jurnalis yang berbasis di India. Dia membagikan kisah masa kecilnya tentang ramuan tradisional. Obat tradisional itu lebih dikenal dengan "ramuan nenek". 

Berikut tulisan selengkapnya sebagaimana dikutip dari Gulf News:

Di masa kecilku, ketika aku bersiap-siap masuk selimut untuk tidur, ibuku memaksakan ramuan buatan sendiri ke kerongkonganku. 

Cairan yang tidak sedap dimaksudkan untuk mengusir hawa dingin dan batuk yang akan mencengkeram saya. Juga saudara-saudara saya pada saat pergantian musim.

Influenza, tepatnya flu, sudah jadi langganan kami sekali pada Oktober-November. Sekali lagi pada Februari-Maret. Ramuan itu juga digunakan ketika campak, malaria, cacar air menimpa sebagian besar populasi di beberapa bagian negara.

Aku sangat membenci 'kaadha' (ramuan) suam-suam kuku. Saat aku melihat ibuku, aku akan menarik selimut menutupi wajahku. Tetapi saya tidak melawan. Meskipun efek cabai disebabkan oleh bahan-bahan di tenggorokan, saya harus menelannya dengan cepat.

Itu adalah hari-hari ketika obat buatan rumah, lebih dikenal sebagai 'resep Nenek' memegang kendali. Paman dan sepupu saya dalam keluarga adalah praktisi medis, tetapi kami jarang minum obat allopathic.

Nenek saya akan mengikat tablet kapur barus yang dibungkus kain di lenganku. Beberapa tablet dimasukkan ke dalam wadah air minum kami. Itu merawat bakteri yang ditularkan melalui air.

Ramuan yang terbuat dari jahe, cengkeh, kapulaga, lada hitam, kayu manis, daun kemangi, sejumput bubuk kunyit dan garam, dan jaggery/gula membuat dingin dan Coryza tetap tenang. Pada malam yang dingin atau hari hujan, obat cair ini wajib.

Kemudian, saya mengembangkan rasa untuk itu dan itu menjadi komponen penting dari teh pagi saya. Latihan berlanjut hari ini. Syukurlah, 'teh jahe' menjadi kegemaran, terutama bagi mereka yang memiliki masalah tenggorokan.

 

Sekarang saya sedang menyebarkan manfaatnya untuk para tamu. Hampir memaksanya masuk ke tenggorokan mereka. Syukurlah, saya menemukan bahwa teh jahe, yang juga dikenal sebagai Masala Chai telah menjadi makanan pokok rumah tangga. Namun demikian, orang-orang masih lebih suka teh biasa.

Saya diingatkan tentang ramuan ini oleh virulensi seluruh dunia dari pandemi Covid-19. Itu tidak diketahui sebelumnya dan telah pecah untuk pertama kalinya. 

Hingga saat ini, belum ada vaksin atau obat yang muncul dan secara universal diakui bisa mengobatinya. Dalam hal ini, pencegahan adalah satu-satunya pilihan dan harapan. 

Tetapi karena harapan, bagaimanapun juga, saya memutuskan untuk mencoba obat tradisional yang telah kami gunakan sebagai penangkal penyakit udara dan penyakit yang ditularkan melalui air.

Belerang Membersihkan Udara

Dan kami membersihkan atmosfer dengan membakar beberapa cengkeh di atas kapur barus. Itu juga cukup manjur untuk campak dan cacar air.

Ngomong-ngomong, ini mengingatkan saya pada cara adat lain mensterilkan atmosfer. Puluhan tahun yang lalu, ketika tidak ada rumah bersalin, di kampung halaman saya, Aligarh, bidan buta huruf dulu dipanggil ke rumah untuk mengurus persalinan. 

Bidan biasa membakar belerang di luar ruangan tempat persalinan berlangsung. Asap yang disebabkan itu akan membersihkan udara dan semuanya berjalan lancar. 

Tidak ada infeksi, tidak ada kerumitan dan kami memiliki ibu dan anak yang sehat. 

Di dunia yang terinfeksi saat ini, kami mencoba yang terbaik dengan cara kami sendiri.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index