Ngeri, Kasus Corona Korea Selatan Tembus 1.146

Ngeri, Kasus Corona Korea Selatan Tembus 1.146
Petugas menyemprotkan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di National Assembly, Seoul, Korea Selatan, Selasa (25/2). (Foto AFP)

Riauaktual.com - Total kasus virus corona baru alias Covid-2019 di Korea Selatan dalam empat hari tembus 1.100.

Pada Rabu (26/2), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mencatat 169 infeksi baru, menjadikan jumlah keseluruhan menjadi 1.146. "Ini membuat total kasus menjadi 1.146, terbesar di luar China," tulis AFP, Rabu (26/2).

Korsel juga mengumumkan kematian korban ke-11. Negeri ginseng itu sudah menjadikan dua kota/kabupaten sebagai wilayah isolasi atau zona perawatan khusus, yakni Daegu dan Cheogdo.

Sebelumnya, lonjakan kasus corona terjadi di Daegu, kota keempat terbsar di Korsel, dengan populasi 2,5 juta orang. Musibah dimulai saat seorang wanita berusia 61 tahun, yang menderita demam sejak 10 Februari dan tak tahu ia menderita virus, datang dalam pelayanan di Gereja Shincheonji. Pelayanan tersebut dihadiri 1.000 orang lebih. Akibatnya saat terkonfirmasi pertama kali, 80 orang jemaat di gereja itu terinfeksi.

Pemerintah setempat meminta warga tidak keluar rumah, jika benar-benar diperlukan. Bahkan kini kota itu. Hal ini menimbulkan ketakutan bagi warga Daegu.

"Dengan banyaknya konfirmasi kasus di sini, saya khawatir Daegu akan menjadi Wuhan kedua," katanya warga bernama Seo Dong Min (24), dilansir AFP.

"Sekarang (corona) sudah di mana-mana," kata seorang wanita bernama Kim. "Sekarang sudah telat."

Akibat kasus ini, Daegu pun kini bak kota mati. Kegiatan ekonomi terhenti, banyak toko dan restoran tutup. "Untuk keselamatan Anda, kami menutup bisnis sampai corona sudah ditangani," tulis sebuah restoran di Daegu.

Sementara itu, Presiden Moon Jae-in meminta investigasi mendalam pada kasus ini. "Kita butuh penanganan segera," ujarnya.

Berdasarkan data arcGis per Rabu pukul 06:00 ada 80.413 kasus corona secara global. Korban meninggal berjumlah 2.708 sementara korban pulih ada 27.879 orang.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index