Wah! Ada Virus Misterius di Brazil, Ilmuan Bingung karena 90% Baru

Wah! Ada Virus Misterius di Brazil, Ilmuan Bingung karena 90% Baru

Riauaktual.com - Sebuah virus misterius yang sama sekali tidak diketahui asalnya telah muncul dari sebuah danau di Brasil. Virus baru ini membuat para ilmuwan bingung.

Dijuluki sebagai Yaravirus, organisme mikroskopis itu ditemukan di danau buatan Pampulha di Belo Horizonte, dikutip dari Daily Star, Rabu (12/2/2020).

Bentuk baru virus telah mengejutkan para ahli karena hampir tidak memiliki gen yang dapat dikenali. Atau hampir 90% sepenuhnya baru.

Para ilmuwan merangkai genom dan menemukan sebagian besar gennya belum pernah ditemukan sebelumnya.

Itu dinamai "Yara" dari tokoh cerita rakyat Brasil, sosok seperti putri duyung cantik yang akan memikat pelaut di bawah air sampai mati.

Dan itu terjadi ketika dokter bekerja untuk memerangi virus corona yang muncul yang telah menginfeksi lebih dari 40.000 orang di seluruh dunia .

Virus Yara ditemukan setelah dikumpulkan dari amuba, tampaknya jauh lebih kecil dari virus lain yang diketahui menginfeksi makhluk itu.

Para ilmuwan menggambarkan virus ini memiliki "asal yang membingungkan" ketika mereka mengungkapkan temuan mereka di situs web sains bioRxiv.

Seorang ahli menggambarkan temuan sebagai membuka "peti harta karun baru dari proses biokimia yang sebelumnya tidak terlihat". Dipahami saat ini virus tidak dapat menular ke manusia.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index