Pembangunan Pasar Induk Akibatkan Rumah Warga Kebanjiran, Komisi I DPRD Pekanbaru Turun Lapangan

Pembangunan Pasar Induk Akibatkan Rumah Warga Kebanjiran, Komisi I DPRD Pekanbaru Turun Lapangan

Riauaktual.com -  Komisi I DPRD Pekanbaru melakukan kunjungan lapangan (Kunlap) ke lokasi banjir yang dikeluhkan warga Rt 02 Rw 11 Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Selasa (26/11/2019).

Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Doni Saputra menyebut, fenomena banjir diwilayah ini baru satu bulan belakangan terjadi. Dan hal ini, menurut laporan warga diakibatkan penimbunan yang tengah dilakukan pihak pengembang pasar induk.

"Kita kesini karena laporan warga, dan tentunya ini harus kita tanggulangi secepatnya," ucapnya saat berbincang bersama wartawan.

Doni juga mengatakan akan segera memanggil pihak terkait yang dinilai bertanggung jawab atas luapan air dari pembangunan pasar induk ke pemukiman warga.

"Segera akan kita panggil beberapa instansi berwenang. Karena kalau tidak segera maka akan banyak kerugian yang diakibatkan hal ini," ujarnya.

Disamping itu, Politisi PAN ini mengaku kecewa kepada Pemko Pekanbaru dan pengembang, karena dinilai lalai dalam mengantisipasi musibah seperti ini.

"Saat membangun pasar induk apa tidak dikaji dampak lingkunganya?. Ini akan kita tindak lanjuti," tegasnya.

Sementara bambang, Ketua RT setempat mengaku jika hujan mulai turun warga sekitar mulai kewalahan. Karena air yang datang dari lokasi pembangun pasar induk cukup deras mengalir ke pemukiman.

"Bangunan pasar jauh lebih tinggi dari jalan, dan diperparah tidak adanya parit yang dibangun. Jadi wajar air akan menghantam pemukiman warga," katanya.

Bambang juga memastikan banjir diwilayahnya baru terjadi usai pengembang pasar induk melakukan penimbunan sebulan belakangan.

"Tidak ada banjir disini sebelumnya. Setelah dilakukan penimbunan pasar barulah terjadi banjir diwilayah ini, dan air yang mengalir juga berwarna kuning lumpur," pungkasnya. (DON)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index