Ingin Susi Terus Tenggelamkan Kapal, Nelayan: Supaya Kami Aman

Ingin Susi Terus Tenggelamkan Kapal, Nelayan: Supaya Kami Aman
Foto: detik.com

Riauaktual.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan meminta Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti untuk menghentikan aksi penenggelaman kapal pencuri ikan.

Sejumlah kalangan bereaksi, termasuk pengusaha perikanan tangkap asal Pati Jawa Tengah, Hadi Sutrisno. Dia ingin, aksi penenggelaman kapal maling ikan tersebut terus dilakukan. 

"Sebenarnya bu Susi kan menenggelamkan untuk shock therapy, supaya maling ikan itu tidak semena-mena di laut kita. Penenggelaman ini harus dilakukan supaya kami aman dan kedaulatan di laut kita tetap ada," ujar Hadi saat dihubungi detikFinance, Selasa (9/1/2018).

Dia menjelaskan, dengan penenggelaman ini maka hasil tangkapan ikan oleh nelayan lokal bisa lebih banyak. Karena tidak bersaing dengan kapal-kapal asing yang ilegal.

"Jadi di laut itu seperti satu piring nasi saja ya, semakin banyak orang yang mengerubungi maka semakin sedikit jatah nasi yang didapatkan. Nah sekarang sudah berkurang dan hasil ikan berlimpah," imbuh dia.

Kebijakan penenggelaman kapal sendiri dilakukan untuk memberantas pencurian ikan, atau IllegalUnreported and Unregulated Fishing(IUUF) di Indonesia. 

Tetapi, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut B Panjaitan meminta Susi untuk berhenti menenggelamkan kapal dan fokus pada peningkatan produksi agar ekspor meningkat. (Wan)

 

 

Sumber: detikfinance

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index