Ingin Awet Muda? Kuncinya Konsumsi Jamur Secara Rutin

Ingin Awet Muda? Kuncinya Konsumsi Jamur Secara Rutin
Rajin konsumsi jamur untuk awet muda (Foto:Ist)

Riauaktual.com - MEMILIKI wajah mulus tanpa kerutan adalah impian semua orang. Bahkan, tak sedikit yang rela merela kocek hingga jutaan rupiah hanya untuk melakukan perawatan. Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa cara ampuh untuk mencegah penuaan dini. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jamur secara rutin.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh oleh Universitas Penn State, diketahui bahwa kandungan antioksidan pada sayuran bertekstur kenyal ini sangat ampuh melawan tanda-tanda penuaan. Tidak hanya itu, jamur juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Fakta ini telah dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry.

“Penelitian kami menemukan bahwa jamur merupakan sumber tertinggi dari dua jenis antioksidan. Beberapa jenis jamur bahkan mengandung dua antioksidan tersebut sekaligus,” tutur Robert Beelman, professor ilmu pangan sekalgius Direktur Center for Plant and Mushrom Products for Helath di Universitas Penn State.

Lebih lanjut Robert menjelaskan, dua senyawa antioksidan yang terkandung dalam jamur yakni, ergothioneine dan glutathione. Kedua antioksidan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Selain itu, setiap jamur ternyata memiliki kandungan antioksidan yang berbeda-beda.

Para peneliti telah menganalisa 13 jamur dan mendapati bahwa varian procini paling banyak mengandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. Nah, bagi Anda yang gemar mengonsumsi jamur kancing putih, varian jamur tersebut juga mengandung dua antioksidan di atas.

“Kami menemukan bahwa porcini memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Varian jamur ini sangat populer di Italia dan proses pencariannya telah menjadi hobi penduduk negara tersebut,” jelas Robert.

Menurut para peneliti, manfaat mengonsumsi jamur datang dengan dua cara. Pertama, antioksidan yang terkandung didalamnya dipercaya dapat melawan penuaan.. Sedangkan kandungan antioksidan lainnya diklaim dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif yang menyebabkan berbagai pernyakit berbahaya.

Untuk teknik pengolahannya sendiri Anda tidak perlu menyantap jamur secara mentah-mentah atau dijadikan bahan campuran salad. Sayuran ini dapat dijadikan topping pada pizza, burger, atau pasta. Demikian dilansir dari NY Daily News, Kamis (16/11/2017).

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index