Obati Dita yang Lagi Sakit Kaki, BBKSDA Riau Lakukan Pembiusan Terlebih Dahulu

Obati Dita yang Lagi Sakit Kaki, BBKSDA Riau Lakukan Pembiusan Terlebih Dahulu
Tim saat melakukan pengobatan terhadap kaki Dita yang mengalami sakit, Rabu (8/11) kemarin. Foto Humas BBKSDA Riau

Riauaktual.com - Seekor gajah (Elephas Maximus Sumatranus) liar di SM Balai Raja, Kabupaten Siak, Riau, menderita sakit kaki kiri depan karena luka.

Gajah berjenis kelamin betina ini bernama Dita. Sejak beberapa hari mengalami sakit, Dita jarang berkumpul dengan teman-teman gajah lainnya.

Mendapat informasi Dita sakit, Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, WWF, Vesswic, Yayasan Tesso Nilo, RSF dan Hipam melakukan pengobatan dan merawat Dita.

Hal itu disampaikan Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati pada Riauaktual.com, Kamis (9/11) malam.

"Pengobatan gajah sakit di SM Balai Raja kita lakukan pada Rabu (8/11) kemarin. Kaki Dita (nama gajah) sebelah kiri sakit," kata Dian.

Dia menjelaskan, untuk tahun ini adalah pengobatan kedua setelah sebelumnya dilakukan beberapa kali pengobatan terhadap gajah yang sakit di SM Balai Raja.

Untuk pengobatan Dita, lanjut Dian, diawali dengan melakukan pembiusan. Setelah terbius, pengobatan dilakukan terhadap luka pada kaki depan kiri.

"Kondisi kaki Dita sudah mulai membaik. Multivitamin penambah darah dan penguat otot pun sudah diberikan," kata Dian.

Pada pengobatan sebelumnya, telah diambil sample darah Dita untuk dilakukan pemeriksaan general check up agar dapat  diketahui kondisi Dita secara menyeluruh.

"Saat ini tim sedang menunggu hasil laboratorium untuk dapat mengambil tindakan lebih lanjut," sambungnya.

Dengan dilakukan pengobatan, penyakit yang dialami Dita segera sembuh.

"Semoga Dita segera pulih dan dapat ceria kembali berkumpul dengan kelompoknya di Hutan Talang SM Balai Raja," tambah Dian. (IG)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index