Diberi Lukisan Sultan Syarif Kasim II, AHY Puji Ketampanan sang Raja

Diberi Lukisan Sultan Syarif Kasim II, AHY Puji Ketampanan sang Raja
AHY menerima lukisan Sultan Syarif Kasim II dari Bupati Siak, Syamsuar

Riauaktual.com - Decak kagum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terlihat saat menyambangi Istana Asserayah Hasyimiah atau yang lebih dikenal sebagai Istana Siak. Kekaguman putra sulung SBY ini kembali terpancar ketika melihat foto Raja Siak yang tampan.

Saat berkunjung ke Istana Siak, setelah mengisi buku tamu, AHY sempat bertanya soal prasasti di Istana Siak dan ternyata di atas batu itu ada tanda tangan Presiden SBY, tertanda dilaksanakan Restorasi Istana Siak.

Jika ayahnya (SBY) meninggalkan kenangan untuk masyarakat Siak, AHY pun demikian. Ia bersama Bupati Siak Syamsuar melakukan penanaman pohon mentega tepat di depan Istana.

Hal itu dilakukannya setelah temu ramah dengan masyarakat Siak di Tepian Bandar Sungai Jantan. Bahkan AHY juga bisa melihat keindahan Siak secara menyeluruh dari pameran foto yang ditampilkan oleh Pemkab Siak.

"10 tahun lalu Pak SBY yang menanda tangani pemugaran Istana Siak ini," kata Syamsuar dan AHY menganggukan kepalanya.

Pada kesempatan itu, Syamsuar juga menyerahkan lukisan Sultan Syarif Kasim II. "Ini Sultan Siak terakhir," kata Syamsuar.

"Waw... ganteng banget Raja Siak. Terima kasih banyak," kata AHY usai menerima buah tangan dari orang nomor satu di Siak itu.

Syamsuar juga menyerahkan miniatur Jambatan Siak dan mengajak AHY melihat isi istana kerajaan Melayu Islam tersebut.

AHY begitu serius melihat peninggalan sejarah Siak sehingga setiap peninggalan yang dilihatnya ditanya pada guide.

Sayangnya, kunjungan putra sulung ini agak terganggu lantaran wisatawan yang mengetahui kehadirannya sibuk minta foto bersama.

Sebelumnya, kedatangan AHY ke Kabupaten Siak, Minggu (5/11), sangat dinanti oleh masyarakat Siak.

Usai dijamu makan siang di kediaman Bupati Siak, Drs H Syamsuar di Jalan Raja Kecik, AHY beserta rombongan dan Forkompinda Siak bertolak ke Makam Sultan Syarif Kasim II.

AHY yang duduk berdampingan dengan Syamsuar terlihat khusuk dalam menyampaikan doa untuk pahlawan nasional tersebut.

Dengan waktunya yang sangat terbatas di Negeri Istana Matahari Timur, usai ziarah makam Sultan, AHY melanjutkan kegiatan lainnya yakni melepas 10 ribu bibit ikan di tepian Sungai Siak atau tepatnya di depan Masjid Syahbudin.

Di kesempatan tersebut, AHY sempat bertanya soal jambatan Siak megah itu. Mereka tampak akrab berbual.

"Ya, Jambatan Siak itu dulunya peresmian pemakaiannya dilakukan Pak SBY," kata Syamsuar dikutip dari goriau.com.

"Pak SBY kirim salam kepada bapak (Syamsuar). Banyak juga kenangan dulu di Siak ini," kata AHY.

Sejurus setelah duduk di ruang tamu, AHY mohon diri untuk melaksanakan Salat Zuhur. Usai Salat, AHY ke Balai Rung Datuk Kempat Suku untuk santap siang.

Betapa sopannya AHY, dia sejenak tampak berdiri di meja makan. Namun setelah diminta Syamsuar duduk barulah dia duduk. Begitu juga ketika makan, nasi yang dikunyahnya tampak teratur, tak ada kesan terburu-buru.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index