Jika Timnas Catalunya Vs Spanyol, Siapa Pemenangnya?

Jika Timnas Catalunya Vs Spanyol, Siapa Pemenangnya?
Gerard Pique dan Sergio Ramos akan saling berhadapan jika ada agenda internasional Catalunya vs Spanyol.

Riauaktual.com - Catalunya menjadi sorotan dunia setelah keinginan berpisah dari Spanyol mencuat. Bahkan hasil jajak pendapat akhir pekan lalu menyatakan mayoritas warga Catalunya menginginkan kemerdekaan.

Belakangan Barcelona sebagai salah satu rakasasa Eropa jadi sorotan karena tidak mungkin lagi bergabung dengan La Liga setelah Catalunya merdeka.

Satu hal yang tak kalah menarik adalah bagaimana jika Timnas Catalunya dan Spanyol bersua di ajang internasional kelak? Bagaimana komposisi skuat? Dan kira-kira siapa pemenangnya?

Berikut ini Pojoksatu.id mencoba mengulas siapa saja pemain dalam Catalunya XI vs Spanyol XI dengan formasi sama, 4-3-3.

Kiper

Kiko Casilla merupakan salah satu pemain potensial asal Catalunya untuk posisi kiper. Meski berstatus kiper kedua di Real Madrid, Casilla setidaknya mampu menunjukkan persaingan sengit dengan Keylor Navas.

Musim lalu, eks pemain Espanyol ini tampil 11 kali di bawah mistar gawang Madrid di ajang La Liga.

Di Timnas Catalunya nanti, saingannya mungkin Jordi Masip. Tapi kiper Valladolid ini bermain di kompetisi kasta kedua Spanyol. Sehingga Casilla rasanya lebih tepat jadi kiper utama.

Bagaimana dengan Spanyol? David de Gea nampaknya belum tertandingi untuk posisi kiper Spanyol saat ini. Ia menjadi pilihan utama pelatih sejak era Victor Valdes dan Iker Casillas berakhir.

Prediksi: Untuk posisi kiper, Spanyol sepertinya lebih unggul dari Catalunya, (Casilla vs De Gea).

Bek

Barisan belakang Catalunya akan dipimpin Gerard Pique. Ia akan berduet dengan Marc Bartra, mantan rekannya di Barcelona yang kini memperkuat Borussia Dortmund.

Untuk posisi bek kiri, Jordi Alba tak tergeser, sementara mantan pemain Barcelona lainnya, Martin Montoya (Valencia) akan menepati pos bek kanan.

Spanyol juga punya bek top pada diri Sergio Ramos, tapi ia akan kehilangan parnernya, Gerard Pique. Raul Albiol (Napoli) dan Mikel San Jose (Athletic Bilbao) bisa jadi tandem kapten Real Madrid itu.

Pos bek kanan akan jadi rebutan Dani Carvajal (Real Madrid) dan Juanfran (Atletico Madrid). Sementara Cesar Azpilicueta (Chelsea) sepertinya masih yang terbaik.

Prediksi: untuk posisi bek, sepertinya akan jadi milik Catalunya. Sebab kuartet barisan belakang mereka pernah bermain satu tim sehingga akan lebih solid ketimbang barisan bek Spanyol.

Gelandang

Kembali para pemain atau mantan Barcelona jadi pilihan utama untuk mengisi lini tengah Catalunya. Cesc Fabregas, Sergio Busquets dan Gerard Moreno (Espanyol) adalah yang terbaik yang mereka miliki.

Spanyol sendiri punya banyak pilihan untuk posisi gelandang ini. Masalahnya ada di posisi gelandang bertahan. Saul Niguez, Mario Suarez, Bruno Soriano, Ignacio Camacho dan Ander Iturraspe potensial mengisi pos ini. Tapi jam terbang mereka di level internasional masih kurang.

Pilihan paling realistis sepertinya, Mario Suarez yang akan melengkapi Andreas Iniesta dan David Silva di tengah. Maaf untuk penggemar Santi Cazorla, Juan Mata dan Isco, level mereka tidak jauh beda dengan Iniesta dan Silva tapi tidak banyak pos yang tersedia untuk barisan gelandang.

Prediksi: Sulit menentukan siapa pemenang di lini tengah ini, tapi sepertinya Spanyol sedikit lebih unggul karena kedalaman skuat.

Penyerang

Jika Juan Mata dan Isco tidak masuk dalam barisan gelandang, mungkin bisa dimainkan sebagai penyerang sayap. Salah satunya akan mengisi penyerang sayap kiri Spanyol dengan Alvaro Morata sebagai striker utama. Sementara Pedro di sisi kanan.

Catalunya punya penyerang lincah sekaliber Bojan Krkic. Eks Barcelona yang kini membela Alaves itu akan menempati posisi penyerang sayap kiri. Sementara Gerard Deulofeu di kanan lalu Alvaro Vazquez (Espanyol) sebagai penyerang utama.

Prediksi: Melihat komposisi pemain, Spanyol kembali lebih diunggulkan ketimbang Catalunya untuk perihal ketajaman para bomber mereka.

Secara keseluruhan, Spanyol sepertinya akan memenangkan laga lawan Catalunya. Pertimbangannya mereka lebih baik dari sisi kualitas, maupun kedalaman skuat.

 

Sumber : pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index