Korupsi Dana Bencana, Kepala BPBD Siak Ditahan Jaksa

Korupsi Dana Bencana, Kepala BPBD Siak Ditahan Jaksa
Korupsi Dana Bencana, Kepala BPBD Siak Ditahan Jaksa

Riauaktual.com - Kepala BPBD Kabupaten Siak Kaharudin ditetapkan sebagai sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi dana penanggulangan bencana tahun 2022. Kejaksaan Negeri Siak mengendus kerugian negara akibat kasus ini ditaksir mencapai Rp1,1 miliar.

"Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Kepala BPBD Siak inisial Kah ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Mapolres Siak," ujar Kasi Pidsus Kejari Siak, Huda Hazamal, Jumat (17/5).

Huda menyebutkan penetapan tersangka dilakukan setelah melalui proses penyidikan oleh tim penyidik Pidana Khusus Kejari Siak. Dari hasil audit Inspektorat Kabupaten Siak, ditemukan adanya penyimpangan dana dalam kegiatan penanggulangan bencana di BPBD Siak tahun 2022. 

"Tersangka Kah diduga mengarahkan bendahara pengeluaran untuk menyisihkan dan mengumpulkan dana dari seluruh kegiatan penanggulangan bencana untuk kepentingan pribadinya," jelasnya.

Huda menjelaskan Kah juga mengarahkan stafnya untuk melakukan permufakatan jahat dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa di tahun 2022. Kemudian keuntungannya digunakan untuk kepentingan pribadi Kah.

Huda menyampaikan dalam rangkaian penyidikan tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain dalam kasus ini. Sebab, saat ini jaksa terus melakukan penyidikan untuk menemukan pihak-pihak lain yang terlibat dan mendapatkan keuntungan dari korupsi ini.

"Kami tidak akan berhenti sampai disini. Kami akan terus berkomitmen untuk memberantas tindak pidana korupsi di Kabupaten Siak," pungkasnya.

#Siak

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

korupsi

Index

Berita Lainnya

Index