Disdalduk KB Siap Wujudkan Pekanbaru Smart City Madani

Disdalduk KB Siap Wujudkan Pekanbaru Smart City Madani
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemerintah Kota Pekanbaru bertekad memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat juga dalam mewujudkan Kota Pekanbaru menjadi Kota Smart city yang Madani. Salah satunya adalah Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru.

Menurut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan,  bahwa Dinas ini baru terbentuk setelah adanya perubahan pada awal tahun 2017 yang lalu.

Sesuai dengan nomenklaturnya peran Dinas ini mempunyai dua makna yakni Pengendalian Penduduk serta Keluarga Berencana. Artinya, Pengendalian Penduduk ini memiliki makna secara kualitas dan kuantitas. Begitu juga jika Keluarga Berencana yang makna nya jelas tentang kelahiran anak di dalam keluarga. Sehingga keduanya ini tentu tidak bisa dipisahkan dalam pengendalian kependudukan di Kota Pekanbaru di masa yang akan datang. Sedangkan secara kuantitas maknanya bagaimana untuk mengendalikan penduduk. Salah satunya dengan adanya pengunaan KB bagi para ibu.      

Amin menjelaskan, saat ini laju pertumbuhan penduduk di Kota Pekanbaru berkisar 4,06. Sementara jumlah itu disebabkan angka kelahiran.

"Untuk mengendalikan penduduk tentu dari angka kelahiran yang terjadi setiap saat di Pekanbaru. Makanya kita yang menangani masalah kependudukan ini harus bekerja dengan maksimal. Sehingga berapa jumlah data angka kelahiran bisa kita ketahui secara detil," ungkap Amin, sebagaimana dikutip dari kominfo, hari ini.

Ditambahkan Amin, selain itu pengendalian secara kualitas, adalah meningkatkan kerjasama dengan OPD, sehingga bisa menunjang kinerja dari Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana, terutama dalam pendataan kependudukan di Kota Pekanbaru.

"Kita berharap masukan dan dukungan baik dari masyarakat maupun semua OPD di llingkungan Pemko Pekanbaru. Jadi apa yang kita harapkan menjadikan Pekanbaru smart city madani akan terwujud," harap Amin.

Lebih jauh Amin menjelaskan, selain itu pihaknya terus mengalakkan kampung KB yang merupakan programnya Presiden Jokowi Widodo. "Salah satu yang terus kita galakkan kampung KB. ini merupakan program yang sangat baik bagi masyarakat. Terlebih lagi,  dalam kampung KB ini juga. bisa memberikan nilai ekonomi yang lebih baik untuk masa yang akan datang dan mewujudkan masyarakat yang madani. Namun, yang paling penting keberadaan kita bisa mendata pengendalian penduduk di Kota Pekanbaru, " tutup Amin.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index