Pesawat Latih TNI Jatuh dan Terbakar

Sebelum Hawk 200 Menghujam Tanah Terdengar Ledakan di Udara

Sebelum Hawk 200 Menghujam Tanah Terdengar Ledakan di Udara
Kompas.com

SIAK HULU (RA)- Sebuah pesawat tempur jenis Hawk 200 buatan British Aerospace milik Skuadron Udara 12 Black Panther jatuh di pemukiman warga di Jalan Amal, Pasir Putih, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Selasa (16/10) didaerah Pandau Permai pukul 09.45 WIB.

Dari pengakuan Aan (35) warga setempat mengatakan, sebelum pesawat jatuh terlihat di udara beberapa pesawat tengah melakukan latihan. satu pesawat terlihat berasap dan tiba-tiba menukik, suaranya keras di udara sebelum menghujam tanah

Masih menurut Aan, pilot pesawat sempat keluar dengan kursi pelontar dan jatuh ke sebuah kolam tidak jauh dari lokasi kejadian. Sementara kursi pelontar menghujam rumah warga yang berada percis 300 meter diamana pesawat ditemukan terbakar.

"Pilotnya langsung diselamatkan warga. Dan dibawa ketempat kepala desa, kalo tidak salah dari baju seragam penerbang yang digunakan pilot berpangkat Letnan Dua Reza Yori Prasetyo" ucapnya

Beberapa saat setelah kejadian Ratusan anggota TNI AU terlihat langsung melokalisir lokasi kejadian, dan melarang warga serta wartawan masuk. Bahkan, beberapa orang warga yang kebetulan tinggal dekat TKP dilarang menonton dan mengaku mengalami kekerasan fisik oleh Anggota TNI yang melakukan penjagaan.

Salah seorang yang mengaku mengalami kekerasan aparat adalah MN (21) yang juga dirampas telefon genggamnya. Tak hanya warga, beberapa wartawan mengalami nasib serupa. Selain melakukan kekerasan, TNI juga merampas kamera dan berbagai alat peliputan milik wartawan.(RA)

Berita Lainnya

index