Dua Hari Menjelang HUT TNI ke 67, Ribuan Prajurit Ikuti Atraksi Udara

Dua Hari Menjelang HUT TNI ke 67, Ribuan Prajurit Ikuti Atraksi Udara
illustrasi (int)

JAKARTA (RA) - Tentara Nasional Indonesia menggelar gladi bersih di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu 3 Oktober 2012, menyambut Hari Ulang Tahun TNI ke-67 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2012.

Gladi bersih ini mempertontonkan sejumlah atraksi udara, salah satunya aksi terjun payung. Demo terjun payung ini dilakukan oleh seratus penerjun dari semua angkatan TNI, enam di antaranya adalah penerjun wanita TNI yang sering mengikuti perlombaan terjun payung dan menorehkan prestasi.

Para penerjun itu terjun dari ketinggian 8.000 kaki, empat di antaranya membawa bendera masing-masing angkatan TNI AD, TNI AU, TNI AL, serta bendera Merah Putih yang kemudian dikibarkan di angkasa. Satu persatu pernerjun pun mendarat dengan rapi di Lanud Halim Perdanakusuma.

Tak lama setelah penerjun terakhir yang membawa bendera Merah Putih mendarat, 10 pesawat Hercules terbang satu persatu di ketinggian 9.000 kaki di langit Halim Perdanakusuma. Dari pesawat-pesawat Hercules itu, terjun lagi 600 penerjun payung statik.

Ke-600 penerjun payung statik itu terbagi dalam 25 unit Pasukan Lintas Udara (Linud) 328 Brigif 17. Pasukan Linud 328 Brigif 17 adalah pasukan khusus untuk menyerang area musuh dari lintas udara dalam medan perang.

Selain atraksi terjun payung, dalam gladi bersih ini juga dipertunjukan sejumlah atraksi udara lain seperti atraksi pesawat tempur. (RA/vnc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index