PAN Optimis Lolos Verifikasi KPU

PAN Optimis Lolos Verifikasi KPU
(int)

NASIONAL (RA)- Partai Amanat Nasional (PAN) hari ini, Rabu, 29 Agustus 2012, menyerahkan berkas syarat pendaftaran pemilihan umum legislatif ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). PAN merupakan partai ke-13 yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU.

Wakil Ketua Umum PAN Drajad H. Wibowo mengatakan cabang kepengurusan PAN telah melebihi apa yang diamanatkan undang-undang. PAN memiliki pengurus di tiap provinsi dan di tiap kabupaten atau kota. "Kecamatan juga sampai 6.000-an," kata Drajad. Padahal, undang-undang hanya meminta partai memiliki pengurus minimal di 75 persen kabupaten atau kota serta minimum 50 persen kecamatan.

Menurut Drajad, saat ini jumlah anggota PAN ada jutaan. Ia enggan menyebutkan berapa perinciannya. "Nanti dimanfaatkan," ujarnya mengelak. Yang jelas, kata dia, jumlah anggota PAN tahun ini lebih banyak dari anggota ketika Pemilu 2009 lalu.

Beberapa pentolan partai, seperti Sekretaris Jenderal Taufik Kurniawan serta Aria Bima, hadir saat penyerahan berkas tersebut. Namun, penyerahan berkas PAN terkesan sederhana jika dibandingkan penyerahan berkas Partai Nasional Demokrat yang megah dan meriah.

Berkas PAN dibawa menggunakan satu truk dengan diantar puluhan kader berjas biru. Tampak juga beberapa simpatisan berkaus partai dan memegang bendera meramaikan penyerahan berkas. Setelah berkas diterima, KPU akan menindaklanjuti dengan proses verifikasi.

Jika lolos verifikasi, pada Pemilu 2014 nanti, PAN diperkenankan menyodorkan calon pejabat legislatif untuk dipilih oleh rakyat. Beberapa partai yang telah menyerahkan berkas persyaratan, antara lain Nasional Demokrat, PDI Perjuangan, PKB, Partai SRI, Hanura, Partai Pemersatu Bangsa, dan Partai Demokrasi Kebangsaan.(tpc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index