Transaksi Pasar Saham Riau 2012 Menurun

Transaksi Pasar Saham Riau  2012 Menurun
(int)

RIAU (RA)- Trend transaksi pasar saham di Provinsi Riau tahun 2012 menurun. Sementara di sisi lain jumlah investor yang masuk di pasar saham Riau terjadi peningkatan.

Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Riau, Emon Sulaiman Senin (13/8) mengatakan, Jumlah transaksi saham cenderung turun. Penurunan realisasi transaksi mencapai 17-18 persen. Yaitu dari realisasi perbilan sebesar Rp 300 milyar menjadi hanya Rp 250 milyar saja setiap bulannya.

"Pasar cenderung melandai. Pergerakan menjadi sempit. Jika saja pergerakan pasar mengalami fluktuatif, maka tidak tertutup kemungkinan transaksi investasi akan mengalami peningkatan," terangnya.

Meski demikian ada kabar gembira yang patut di banggakan, jumlah investor naik tajam. Data  semester I 2012, tercatat realisasi jumlah investor sudah mencapai 400 investor. Jumlah tersebut hampir mendekati total jumlah investor di tahun 2011 lalu yang hanya sebanyak 480 investor saja.

Emon optimis hingga akhir tahun 2012 mendatang, jumlah investor akan dapat menyentuh angka 800 investor. Hal ini merupakan sukses besar bagi pekerja di sektor sahan yang berhasil mensosialisasikan mengenai pasar saham kepada masyarakat.

Ia juga memprediksi rentang waktu pergerakan pasar melandai masih akan terjadi hingga akhir tahun 2012 mendatang.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index