Gawat !! Hingga Kini 1.242 Warga Pekanbaru Terinveksi HIV Dan AIDS

Gawat !! Hingga Kini 1.242 Warga Pekanbaru Terinveksi HIV Dan AIDS
ilustrasi

PEKANBARU (RA)- Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, mengatakan, hingga Oktober 2014 ini jumlah warga di kota Bertuah yang terinveksi Human immunodeficiency virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) mencapai 1.242 orang.

"Dari sejumlah yang terinveksi tersebut 161 orang sudah meninggal dunia," kata Kabid Penanggulangan Kesehatan, Pekanbaru, Gustiarni.

Kata dia jumlah itu jauh meningkat dibandingkan sejak pertama kali dilakukan tes tahun 2.000, dimana hanya 1 orang yang terinveksi Aids.

Dia mengaku pemerintah bahkan dunia prihatin terhadap cepatnya penyebaran penyakit mematikan ini. Apalagi untuk kota Pekanbaru saat pertama kali di temukan pada satu orang terinveksi Aids 14 tahun yang lalu.

"Dalam 14 tahun ribuan warga terinveksi, bukan hanya pria tetapi yang memprihatinkan ibu rumah tangga sedang hamil juga mulai terinveksi," paparnya.

Karena itu, menurut dia, pihaknya tetap gencar melakukan sosoialisasi ke semua kalangan dan lapisan masyarakat baik muda maupun tua,  pekerjaannya dunia malam ataupun biasa-biasa saja.

"Kali ini ratusan mahasiswa kita beri pemahaman tentang HIV dan AIDS," kata dia.

Sebelumnya diakui dia dalam setahun ini pihaknya juga sudah mensosialisasikan bahaya penyakit itu kepada Pekerja Seks Komersial (PSK) di beberapa titik yang di duga terjadi praktek prostitusi, kemudian bagi seluruh puskesmas di Pekanbaru terkait penangan pasien terinveksi.

Dia menambahkan, dari ribuan warga yang terinveksi di Pekanbaru tersebut terbanyak masih kaum laki-laki 787 orang diikuti perempuan 455 orang. "Terbanyak di alami oleh warga pada usia produktif 25 - 45 th," katanya.

Dalam rangka peringatan hari HIV dan AiDS sedunia yang di peringati setiap tanggal 1 Desember, dia berpesan semua memberikan perhatian agar penyebaran penyakit ini bisa di tahan.

"Kita akan terus gaungkan penanggulangan ini karena ini masuk pada program Millennium Development Goals (MDGs)," katanya.

 

Laporan : ver

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index