UI Adakan Ujian SIMAK di SMAN 1 Pekanbaru

UI Adakan Ujian SIMAK di SMAN 1 Pekanbaru
Panitia Pelaksana SIMAK UI MUHAMMAD IRFAN. SULISTIA BUDI. SURYADI. FOTO: ver

PEKANBARU, RiauAktual.com - Universitas Indonesia Jakarta mengadakan seleksi masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) yang dilaksanakan serentak di 17 kota di Indonesia. Ujian digelar sejak pukul (07.30-14.30) WIB, dan SIMAK UI 2014 diikuti oleh Pelajar SMA sederajat. Untuk pesertanya terdiri dari peserta ujian program pendidikan S1, S2, dan S3, dan untuk wilayah Riau diadakan di SMAN 1 Pekanbaru.

"Pelaksanaan SIMAK UI 2014 ini merupakan salah satu bentuk pemerataan kesempatan bagi anak bangsa di seluruh wilayah Indonesia untuk menempuh study di UI tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi," kata panitia penanggung jawab wilayah Pekanbaru DR Drs Suryadi, M Toyib MT, yang saat ini juga berprofesi sebagai Dosen FMIPA UI.

Ia mengatakan, materi yang diujikan pada SIMAK UI 2014 untuk kelompok IPA adalah kemampuan Dasar dan kemampuan IPA, sedangkan kelompok IPS adalah kemampuan dasar dan kemampuan IPS. Kelompok IPC yang diujikan adalah kemampuan IPA, Kemampuan IPS dan kemampuan dasar.

"Selain di SMAN 1 Pekanbaru, ujian SIMAK UI juga dilaksanakan di sekolah-sekolah yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, yakni DKI Jakarta (Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat), Tangerang Selatan, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Serang, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, Balikpapan, Medan, Bukittinggi, Pekanbaru dan Palembang," ujar Suryadi kepada RiauAktual.com, Selasa (1/7/2014) di SMAN 1 Pekanbaru.

Sebagai bentuk komitmen UI dalam mendukung kebijakan pemerintah, maka pada tahun ini kuota SIMAK UI ditetapkan sebesar 25 persen dari total mahasiswa baru yang diterima UI dan sisanya diterima melalui seleksi SNMPTN undangan sebesar 50 persen dan SBMPTN sebesar 25 persen.

Sedangkan menurut Kepala SMAN 1 Pekanbaru Dra Wan Roswita MPd, mengatakan, kegiatan ini bukanlah yang pertama kali diadakan. Pada tahun 2013 yang lalu pelaksanaan kegiatan Ujian SIMAK UI untuk wilayah Riau juga dipusatkan di SMAN 1 Pekanbaru.

"Dengan adanya kesempatan ujian SIMAK UI yang diberikan pihak Universitas Indonesia Jakarta, saya berharap nantinya peserta didik SMAN 1 Pekanbaru bisa diterima pada PTN Favorit seperti UI," harap Roswita.

Roswita juga merasa bangga karena SMAN 1 Pekanbaru, dipercaya sebagai pusat kegiatan untuk wilayah Riau yaitu sebagai tempat pelaksanaan ujian SIMAK UI. "Saya juga mengucapkan terimakasih karena SMAN 1 Pekanbaru bisa dipercaya sebagai pusat pelaksanaan kegiatan tersebut," ungkapnya. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index