Hidung (Foto: Vogue)

Selain untuk Bernapas, Ini Fungsi Hidung yang Tak akan Kamu Duga!

Kamis,26 April 2018 - 19:30:00 WIB Di Baca : 904 Kali

Riauaktual.com - HIDUNG menjadi salah satu organ tubuh manusia yang ada di wajah. Keberadaannya yang kerap identik dengan kecantikan seseorang, selama ini dikenal hanya sebagai organ yang fungsinya untuk menghirup udara atau bernapas saja.

 

Padahal, fungsi hidung yang saat ini bentuknya bisa diubah oleh sebagian orang tersebut, memiliki fungsi lainnya yang sangat penting. Bahkan, jika kebersihan dan kesehatannya tidak terjaga akan berpengaruh pada indra lainnya, seperti indra pengecap dan pendengaran.

Loading...

"Hidung jangan dianggap sepele, karena merupakan suatu organ paling penting dan proteksi pertama. Maka, jangan melihat cantik seseorang dari hidungnya mancung atau tidak, sebab fungsinya sama, yaitu proteksi pertama pada indera lainnya," ucap Dr. S. Hendradewi, Sp. THT-KL (K), M.Si, Med, dalam pemaparannya di acara Konferensi Pers Bernapas Lebih Sehat Kampanye #cucihidungsetiaphari, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Tidak cukup sampai di situ saja, dokter ahli Telinga Hidung Tenggorok (THT) yang akrab disapa dokter Dewi itu juga mengatakan, hidung pun merupakan indra yang diciptakan Tuhan untuk makhluk hidup, yang memiliki fungsi utama sebagai organ penciuman. Sayangnya, selama ini masyarakat baru sadar pentingnya kebersihan dan kesehatan hidung saat sudah mulai sakit. Padahal, pemerintah sudah menghimbau untuk mencegah sebelum sakit.

"Kemudian fungsi hidung sebagai saluran pernapasan, tidak sedikit pasien saya yang stres karena tidak bisa mencium bau, akhirnya menimbulkan dampak dia tidak bisa merasakan rasa pada lidah saat makan," imbuhnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, dokter Dewi juga memaparkan, kejadian hilangnya indra pencium kerap terjadi pada pasien yang sebelumnya digurah. Penyebabnya, menurut dokter Dewi ada pada produk gurah yang kandungannya belum diteliti, sehingga kebanyakan bukan merupakan kandungan ideal yang di masukkan ke dalam tubuh. Akhirnya, penciuman bisa hilang, sulit untuk disembuhkan, dan dikembalikan ke penciuman normal.

"Pada sistem pernapasan, infeksi terbesar terjadi lewat udara, sehingga hidung itu adalah proteksi pertama bahan udara yang akan masuk dalam paru-paru dan akhirnya menyebar ke seluruh tubuh. Kalau kecelakaan saja kan yang dipikirkan pasti jalan napas, sehingga hidung itu penting sekali sebagai proteksi utama, dan pensupport udara pernapasan adalah hidung," lanjut dokter Dewi.

Lebih lanjut, ia menuturkan kalau kebersihan dan kesehatan hidung terganggu, orang yang mengalaminya akan mendapatkan banyak masalah, seperti masalah ekonomi karena tidak bisa masuk kerja, masalah sosial, dan ujung-ujungnya akan menurunkan hidup manusia itu sendiri.

"Selain itu, fungsinya sebagai refleks nasal misalnya ada bau menyengat otomatis akan bersin, sebagai air conditioner yang melembabkan dan menghangatkan udara yang masuk ke tubuh, jadi saat udara panas hidung berfungsi mendinginkan udara, begitu sebaliknya. Nah, pada pasien yang alergi dingin, maka dia ada gangguan di air conditionernya, ada pula fungsi resonansi udara, beberapa orang pasti Anda pernah mendengar jika dia bicara huruf tertentu seperti N dan Ng pasti terdengarnya agak beda, nah itu silakan cuci hidung jika terdengar suaranya beda, dan tentu fungsinya sebagai penyaring udara," pungkasnya.


Sumber : okezone.com


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com