Tujuh Petugas Lapas Jalani Sidang Majelis Etik, Ini Sanksinya

Tujuh Petugas Lapas Jalani Sidang Majelis Etik, Ini Sanksinya
Kanwil Kemenkumham Riau saat menggelar sidang majelis etik terhadap petugas kemanan terkait tahanan kabur dari lapas, Selasa (28/11). Foto IG

Riauaktual.com - Pasca kaburnya dua tahanan Lapas Kelas IIA Pekanbaru dan Lapas Kelas IIA Bengkalis, tujuh orang petugas keamanan mendapat sanksi.

Ketujuh petugas tersebut telah menjalani sidang majelis etik di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Riau, Selasa (28/11) siang.

Sidang digelar dua kali secara maraton. 

Sidang pertama, digelar pukul 10.00 WIB terhadap tiga orang petugas pengamanan Lapas Kelas IIA Bengkalis dengan inisial Sy, Su, dan BKZ. 

Mereka dinilai bertanggung jawab atas larinya seorang napi bernama Momahhad Azizie bin Abdul Hamid dari dalam lapas pada hari Kamis 16 November 2017 lalu. 

Sidang kedua, digelar pukul 14.00 WIB, yang terdapat empat orang petugas pengamanan Lapas Kelas IIA Pekanbaru yang menjadi terperiksa yaitu DL, PA, MU, dan HT.

Sidang pertama terhadap terperiksa Sy, Su, dan BKZ, petugas pengamanan Lapas Kelas IIA Bengkalis dipimpin oleh Ketua Majelis Etik, Lilik Sujandi, yang juga Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau dengan dibantu dua orang anggota.

Sebelumnya, Sekretaris Majelis membacakan pokok perkara dimana ketiganya dianggap telah melakukan pelanggaran ketentuan yang berlaku sehingga napi keluar dari lapas. 

"Atas pokok perkara tersebut, Sekretaris Majelis menuntut ketiganya dikenakan sanksi etik, dan direkomendasikan untuk diusulkan mendapat sanksi administratif," kata Ketua Majelis Etik, Lilik Sujandi.

 Sedangkan untuk terperiksa Sy, selain dikenakan sanksi etik dan direkomendasikan untuk diusulkan mendapat sanksi administratif.

Sekretaris Majelis juga menuntut agar yang bersangkutan wajib mengikuti proses hukum. 

Menurut Sekretaris Majelis, pelanggaran yang dilakukan oleh ketiga terperiksa tersebut yaitu membiarkan napi berada diluar lapas tanpa alasan atau dasar sesuai dengan ketentuan, dan tidak melaporkan kepada atasan terkait situasi yang tidak sesuai ketentuan tersebut.

Atas hal tersebut ketiganya mengakui kepada Majelis Etik bahwa telah melakukan pelanggaran. 

Dalam sidang pertama ini, KPLP Lapas Kelas IIA Bengkalis, Dian, dihadirkan oleh  Sekretaris Majelis. 

Selain itu saksi ahli dari Ditjen Pemasyarakatan, Bayu, turut memberikan kesaksian.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index