Tanaman herbal untuk menurunkan berat badan (Foto:Authority)

Ingin Kurus dengan Cara Sehat? Konsumsi Olahan Herbal yang Direkomendasi Banyak Ahli

Sabtu,25 November 2017 - 16:43:05 WIB Di Baca : 8835 Kali

Riauaktual.com - Diet yang tepat dan olahraga yang teratur menjadi salah dua kunci keberhasilan penurunan berat badan. Jika Anda mengabaikan salah satunya, maka hasil yang didapat tidak akan maksimal.

Dalam melakukan upaya penurunan berat badan, Anda diminta untuk disiplin dalam menjalani pengaturan asupan makanan, mulai dari berapa kalori yang dikonsumsi, gula garam per hari, maupun lemak dan serat yang juga menentukan penurunan bobot tubuh.

Loading...

Selain menjalani itu semua, Anda pun juga dianjurkan untuk mengonsumsi bahan-bahan herbal yang dipercaya bisa membantu mempercepat penurunan berat badan. Selidik punya selidik, ternyata memang ada tanaman herbal yang diyakini mampu menurunkan berat badan secara signifikan.

Menurut beberapa literatur dan pendapat banyak ahli, berikut 6 bahan alami yang dianggap ampuh membantu proses penurunan berat badan Anda. Ingat, cara pengolahannya juga penting diperhatikan, ya.

1. Kayu Manis

Siapa sangka bumbu masak satu ini ternyata punya manfaat sebagai penurun berat badan. Dengan mengonsumsi kayu manis secara tepat, Anda bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh. Kenapa kayu manis bisa menurunkan berat badan? Salah satu alasannya karena kayu manis memberikan efek kenyang yang lebih lama dan itu mengurangi rasa lapar.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Diabetes Care Jurnal pada 2003 silam, disebutkan orang yang diberi kapsul kayu manis dalam jumlah enam gram per hari akan mengalami penurunan kadar glukosa antara 18 hingga 29 persen setelah 40 hari.

Kayu manis terbukti membantu tubuh mengontrol kadar gula darah yang memungkinkan untuk memproduksi insulin lebih sedikit. Kayu manis juga menurunkan kolesterol buruk hingga 27 persen. Dan tentu saja akan menurunkan berat badan.

Untuk pengolahannya, Anda bisa menambahkan kayu manis pada beberapa makanan sehari-hari Anda. Untuk minuman pun kayu manis masih bisa digunakan seperti apada teh. Gunaka secukupnya, ya.


2. Kunyit

Bumbu masak ini biasanya selalu ada di dapur. Sudah sejak zaman dulu kunyit digunakan sebagai bahan alami yang menyehatkan tubuh. Tak hanya itu, orang zaman dulu juga menggunakan kunyit sebagai kosmetik perawatan kecantikan.

Nah, tahukah Anda kalau kunyit juga ternyata bisa menurunkan berat badan? Ya, kunyit dipercaya dapat meluruhkan lemak di dalam tubuh dan mencegah bertambahnya berat badan. Berdasar penelitian, kunyit mengandung zat yang baik untuk tubuh.

Bicara mengenai pengolahannya, Anda bisa melarutkan kunyit sebagai minuman sehat yang dikonsumsi setiap hari. Penambahan madu juga bisa dilakukan agar rasa minuman lebih nikmat.

3. Lada Hitam

Terdengar ganjil? Tapi, faktanya seperti itu. Lada hitam menjadi salah satu bahan alami yang ternyata mampu menurunkan berat badan. Secara spesifik, lada hitam itu bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan, nyeri, radang, dan berbagai keluhan lainnya. Penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemestry berusaha menganalisis lada hitam dan ditemukan kandungan piperin yang bisa membantu pembakaran lemak. Piperin juga bisa mencegah pembentukan jaringan lemak baru, sekaligus baik untuk diet.

Untuk pengolahan lada hitam, sebaiknya Anda tidak memakannya mentah-mentah. Jadi, cukup menambahkan lada hitam di menu sarapan oatmeal Anda misalnya sebagai pemberi rasa pedas yang ringan. Penggunaanya juga jangan terlalu banyak, ya. Secukupnya saja.

4. Asam Jawa

Perlu Anda ketahui, nyatanya asam jawa punya manfaat sebagai penurun berat badan. Sebab, asam jawa mengandung senyawa saponin, flavonoid, dan tanin. Kandungan tersebut memiliki fungsi utama untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan senyawa alami di dalamnya berfungsi mendegradasi lemak dalam tubuh.

Nah, untuk pengolahannya, Anda bisa melarutkan asam jawa dengan air hangat dan minum larutan tersebut langsung saat itu juga. Penambahan madu juga bisa dicoba!

5. Jinten

Dari hasil penelitian, dalam jinten itu terdapat lebih dari 100 unsur kimia alam yang dibutuhkan tubuh manusia. Salah satunya adalah omega 9 yang mana itu baik untuk mengurai asam lemak tak jenuh tunggal yang ada di tubuh. Selain itu, jinten juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan lemak baik. Nah, kalau jinten, Anda bisa mengonsumsinyakapan saja dan tinggal menambahkan jinten saja pada makanan ringa atau makanan berat Anda.

6. Jahe

Siapa yang tidak tahu jahe. Bahan alami ini memiliki rasa hangat dan terkenal dengan khasiatnya menyehatkan tubuh. Minuman jahe bisa menjadi minuman setiap hari yang berdampak baik bagi kesehatan. Tak hanya itu, minum jahe setiap hari juga bisa menurunkan berat badan. Itu terjadi karena jahe mampu mencegah penumpukan lemak dan menjaga sistem pencernaan dalam keadaan baik.

 

Sumber : okezone.com


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com